Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/09/2019, 08:22 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

KOMPAS.com – United Nations Intergovernmental Panel on Climate Change (UN IPCC) telah mengeluarkan “peringatan” kepada warga Bumi, bahwa kita hanya memiliki kurang dari 10 tahun untuk mitigasi bencana terbesar dalam sejarah.

Bencana ini berkaitan dengan pemanasan global dan penggunaan benda-benda seperti plastik dan microbeads. Disinyalir pada 2050, seluruh lautan Bumi akan dipenuhi plastik bila kita tidak mengurangi penggunaannya mulai sekarang.

Sementara itu, suhu Bumi juga semakin lama semakin meningkat. Rekor suhu terpanas selalu muncul beberapa waktu lalu.

Apa yang bisa kita lakukan?

Selain mengingatkan warga Bumi lainnya, misal lewat sosial media, ada beberapa hal praktis yang bisa Anda lakukan. Mengutip Science Alert, Senin (23/9/2019), berikut 7 di antaranya:

1. Berhenti menggunakan microbeads

Microbeards ditemukan di beberapa barang kosmetik dan perawatan seperti face scrub dan body scrub. Begitu selesai digunakan, microbeads akan tersapu lewat sungai hingga lautan dan kemudian dikonsumsi oleh ikan serta organisme laut lainnya. Tentu saja ini berakhir di perut kita sendiri.

2. Mulai meninggalkan tampon dan pembalut bagi wanita

Rata-rata, wanita menggunakan sekitar 12.000 pembalut atau tampon dalam hidup mereka. Hal ini sama dengan 136 kg sampah, mayoritas terdiri dari material yang tidak bisa didaur ulang seperti polyethylene. Anda bisa menggantinya dengan menstrual cup.

3. Tidak memiliki banyak anak

Langkah satu ini cukup kontroversial. Namun, pada kenyataannya, setiap manusia di Bumi meninggalkan jejak karbon yang cukup masif jumlahnya. Penelitian tahun lalu menunjukkan bahwa satu orang anak sama bisa menghasilkan 58,6 ton emisi karbondioksida. Bandingkan dengan satu mobil yang menghasilkan 2,4 ton karbondioksida.

Ilustrasi daging cincang di supermarket.SHUTTERSTOCK Ilustrasi daging cincang di supermarket.

4. Makan lebih sedikit daging

Membatasi konsumsi daging terbukti memiliki dampak positif terhadap lingkungan. Kita bisa mengganti daging dengan makanan sehat lainnya seperti sayur, buah, dan lain-lain. Hal yang juga harus diperhatikan adalah makan dengan tidak berlebihan, karena saat ini, sepertiga dari jumlah makanan yang dikonsumsi di dunia terbuang percuma.

5. Jangan terjebak embel-embel “organik”

Masyarakat percaya bahwa makanan organik lebih bermanfaat bagi lingkungan. Namun, jika semua perkebunan dan pertanian berubah menjadi organik, suplai makanan dunia akan berkurang sampai 25 persen.

6. Meminimalisir penggunaan air

Selain untuk keperluan sehari-hari seperti memasak dan mencuci, air yang digunakan untuk mandi juga harus dikurangi. Rata-rata orang Amerika mandi sekitar 8,2 menit dan menghabiskan 17,2 galon air bersih.

7. Sekali lagi: berhentilah membeli air minum botolan

Botol minuman adalah salah satu penyumbang sampah plastik terbanyak. Saatnya menggunakan tumbler dan mengisi air sendiri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com