7 Hal Sederhana yang Bisa Anda Lakukan Hari Ini untuk Selamatkan Bumi

Kompas.com - 23/09/2019, 08:22 WIB
ilustrasi bumi ilustrasi bumi

KOMPAS.com – United Nations Intergovernmental Panel on Climate Change (UN IPCC) telah mengeluarkan “peringatan” kepada warga Bumi, bahwa kita hanya memiliki kurang dari 10 tahun untuk mitigasi bencana terbesar dalam sejarah.

Bencana ini berkaitan dengan pemanasan global dan penggunaan benda-benda seperti plastik dan microbeads. Disinyalir pada 2050, seluruh lautan Bumi akan dipenuhi plastik bila kita tidak mengurangi penggunaannya mulai sekarang.

Sementara itu, suhu Bumi juga semakin lama semakin meningkat. Rekor suhu terpanas selalu muncul beberapa waktu lalu.

Apa yang bisa kita lakukan?

Selain mengingatkan warga Bumi lainnya, misal lewat sosial media, ada beberapa hal praktis yang bisa Anda lakukan. Mengutip Science Alert, Senin (23/9/2019), berikut 7 di antaranya:

1. Berhenti menggunakan microbeads

Microbeards ditemukan di beberapa barang kosmetik dan perawatan seperti face scrub dan body scrub. Begitu selesai digunakan, microbeads akan tersapu lewat sungai hingga lautan dan kemudian dikonsumsi oleh ikan serta organisme laut lainnya. Tentu saja ini berakhir di perut kita sendiri.

2. Mulai meninggalkan tampon dan pembalut bagi wanita

Rata-rata, wanita menggunakan sekitar 12.000 pembalut atau tampon dalam hidup mereka. Hal ini sama dengan 136 kg sampah, mayoritas terdiri dari material yang tidak bisa didaur ulang seperti polyethylene. Anda bisa menggantinya dengan menstrual cup.

3. Tidak memiliki banyak anak

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X