Kompas.com - 22/09/2019, 13:00 WIB
Tira, anak zebra yang memiliki kelainan genetik yang menyebabkan motif polkadot pada tubuhnya. smithsonianmag.comTira, anak zebra yang memiliki kelainan genetik yang menyebabkan motif polkadot pada tubuhnya.

KOMPAS.com - Zebra biasanya memiliki motif garis hitam putih pada tubuhnya, tapi berbeda dengan zebra yang satu ini. Seorang fotografer memotret seekor anak zebra berwarna gelap dengan motif polkadot di tubuhnya.

Fotografer Frank Liu sedang mencari badak di Cagar Alam Masai Mara Kenya. Namun ia justru mendapati zebra dengan motif luar biasa tersebut. Zebra unik yang diberi nama Tira itu diperkirakan berumur satu minggu.

Baca juga: Peneliti Temukan Alasan Pola Hitam Putih di Tubuh Zebra

Ren Larison, ahli biologi yang mempelajari evolusi motif garis zebra di University of California, Los Angeles menyebut kalau Tira memiliki kondisi yang disebut pseudomelanisme alias mutasi genetik langka di mana hewan menampilkan semacam kelainan dalam pola garis mereka.

Sel khusus yang disebut melanosit menghasilkan melanin, pigmen yang menentukan warna sel bulu dan kulit pada mamalia. Namun ada berbagai mutasi yang dapat mengganggu proses terbentuknya melanin.

Pada kasus Tira, Greg Barsh, ahli genetika di Hudson Alpha Institute mengatakan jika Tira memiliki melanosit. Namun untuk beberapa alasan, melanin justru tidak berkembang menjadi motif garis-garis.

Baca juga: Garis Hitam-Putih Zebra Jadi Rahasia Hindari Gigitan Serangga

Sayangnya, Zebra dengan warna tak biasa ini bisa jadi tak bertahan lama di alam liar.

"Predator sulit memangsa binatang yang berada dalam kawanan, lebih mudah jika spesies tersebut berbeda. Hanya sedikit yang bisa mencapai usia remaja atau dewasa," tambah Larison.

Selain itu juga menurut Larison, zebra Tira akan menghadapi tantangan lain. Selama ini, teori mengemukakan kalau garis zebra melindungi dari gigitan lalat. Dan dengan motif Tira yang berbeda, maka ia tidak akan bisa menghindari lalat-lalat, yang kadang membawa penyakit berbahaya bagi zebra.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.