Mengenal Udang Cantik Asal Sulawesi yang Kini Terancam Punah

Kompas.com - 20/09/2019, 07:05 WIB
Caridina woltereckae LIPICaridina woltereckae

KOMPAS.com - Udang cantik harlequin endemik Sulawesi dengan nama Caridina woltereckae masuk ke dalam daftar spesies kritis yang terancam punah oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN). Namun, masih banyak orang Indonesia yang belum mengenal spesies ini.

Dilansir dari siaran pers resmi LIPI, Selasa (17/9/2019), udang ini pertama kali ditemukan pada tahun 2009 di danau Towuti, Sulawesi Selatan oleh peneliti Pusat Penelitian Biologi LIPI, Daisy.

Caridina nama genus, sedangkan nama spesies woltereckae adalah penghormatan untuk jasa peneliti udang-udangan, Eva Woltereck,” jelas Daisy.

Selain menemukan C. woltereckae, Daisy juga menemukan Caridina mahalona di kompleks danau Malili, Sulawesi Selatan dan Caridina longidigita di danau Poso, Sulawesi Tengah.