iPhone 11 Pro Timbulkan Trypopobhia, Apa Itu?

Kompas.com - 11/09/2019, 17:12 WIB
Tiga kamera di punggung iPhone 11 Pro AppleTiga kamera di punggung iPhone 11 Pro

KOMPAS.comiPhone 11 Pro baru saja diluncurkan di California, Amerika Serikat. Gawai terbaru keluaran Apple ini memiliki tiga kamera di bagian belakang.

Mengutip Metro.co.uk, Rabu (11/9/2019), banyak warganet yang mengunggah foto iPhone 11 Pro dan menyatakan timbulnya trypophobia. Salah satunya adalah seorang Youtuber Eva Gutowski.

“Tiga buah kamera di iPhone yang baru menimbulkan trypophobia,” tuturnya.

Warganet lainnya yang mengunggah foto iPhone 11 Pro adalah influencer dan food blogger, Mona Nomura.

“Apa ini? Tampak seperti wajah laba-laba dan menimbulkan trypopobhia,” tuturnya.

Ketakutan ini bukanlah pertama kali terjadi akibat ponsel. Sebelumnya, Nokia 9 PureView juga disebut menimbulkan trypophobia karena lima kamera yang tersebar di bagian belakangnya.

Ilustrasi tiga kamera di iPhone 11 Pro YouTube/Apple Ilustrasi tiga kamera di iPhone 11 Pro

Apa Itu Trypopobhia?

Trypopobhia adalah ketakutan irasional terhadap lubang berpola, misalnya sarang semut atau lebah, lubang pada kayu, kelopak pada bunga, dan lain sebagainya.

Istilah trypophobia baru diciptakan oleh internet pada 2005, meski kondisi ini sudah ada jauh sebelum internet berkembang.

Dalam penelitian yang diterbitkan tahun 2018 di jurnal Peer J, beberapa peneliti yang terlibat menyebut trypopobhia bukanlah fobia yang identik dengan ketakutan berlebih terhadap sesuatu. Trypopobhia timbul karena rasa jijik.

Penelitian ini bermula karena kurangnya pemahaman terhadap trypophobia. Manual Diagnostik dan Statistik Mental Disorder (DSM) bahkan tidak mengenalinya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X