Kabut Asap dan Polusi Melanda, Begini Cara Efektif Mengobati ISPA

Kompas.com - 11/09/2019, 10:03 WIB
ilustrasi masker shutterstockilustrasi masker

KOMPAS.com - Efek kabut asap dan polusi udara yang kita hirup, sangat mungkin memicu timbulnya infeksi saluran pernapasan atas ( ISPA).

Infeksi saluran pernapasan atas atau ISPA adalah infeksi akut yang menyerang satu komponen saluran pernapasan bagian atas.

Bagian saluran pernapasan atas yang terkena bisa meliputi hidung, sinus, faring, dan laring.

Bagian sistem pernapasan tersebut akan mengarahkan udara yang kita hirup dari luar ke trakea dan akhirnya ke paru-paru di mana respirasi berlangsung.

Baca juga: Kabut Asap Melanda, Kenali Gejala ISPA yang Mengintai Anda

Penyakit ISPA pun ada dua jenis, yakni ringan dan berat.

Penyakit ISPA ringan

Penyakit ISPA ringan pengobatannya bisa dilakukan di rumah. Pengobatan ini bertujuan untuk mengurangi rasa tidak nyaman.

Dilansir Hello Sehat, pasien yang mengalami ISPA ringan dapat mengonsumsi obat untuk mengurangi gejala. Salah satunya obat acetaminophen untuk mengurangi demam.

Dokter mungkin akan meresepkan obat antibiotik jika ada komplikasi bakteri, seperti pneumonia bakteri dalam ISPA.

Selain obat, vitamin C juga bisa dikonsumsi untuk mengobati ISPA. Pasalnya, vitamin C dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Sumber
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X