Tak Perlu Daging, Protein Jamur Tiram Putih Juga Tinggi

Kompas.com - 10/09/2019, 10:06 WIB

KOMPAS/ADI SUCIPTOWarga Wringinanom Kabupaten Gresik Jawa Timur, Selasa (18/12/2012) memanen jamur tiram putih. Setiap satu kilogram dibeli pedagang Rp 10.000 per kilogram. Setiap satu bag log (botol untuk media budidaya) bisa dipanen hingga delapan kali. Setelah delapan kali petik diganti dengan yang baru, media yang lama digunakan untuk pupuk tananam.

KOMPAS.com - Jamur tiram putih ternyata memiliki kandungan protein yang tinggi dan dapat dijadikan pengganti protein yang murah meriah.

Dikonfirmasi oleh peneliti bidang Mikrobiologi di Puslit Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Dr Iwan Saskiawan, jamur tiram putih memang memiliki kandungan protein yang lebih tinggi daripada sayuran dan buah-buahan.

"Memang dari kandungan proteinnya, jamur masih berada di bawah kandungan protein dari daging dan ikan meskipun masih lebih tinggi dari sayuran dan buah-buahan," ujar Iwan.

Secara ilmu taksonomi jamur dikelompokkan dalam kerajaan (kingdom) tersendiri, selain kingdom Plantae (tumbuhan) dan animalia (hewan).