Pil KB Mungkin Tingkatkan Risiko Depresi pada Remaja

Kompas.com - 09/09/2019, 10:08 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.

KOMPAS.com - Meski Pil KB merupakan revolusi peran bidang kedokteran agar wanita bisa mengontrol tingkat kesuburan dirinya, ternyata obat kontrasepsi ini mungkin dapat meningkatkan risiko depresi jangka panjang.

Pil tersebut sudah tersedia secara luas pada tahun 1960-an. Pada dasarnya pil ini merupakan metode yang sangat efisien untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan.

Bahkan beberapa wanita yang tidak aktif secara seksual menggunakannya untuk alasan lain, termasuk untuk mengurangi nyeri haid atau mengobati jerawat.

Dilansir dari Science Alert, Sabtu (7/9/2019), saat ini lebih dari 100 juta wanita di seluruh dunia minum pil KB hormonal. Pil ini tergolong sangat populer di kalangan remaja.

Baca juga: Pil KB Pria Dinyatakan Aman, tapi Belum Boleh Dipasarkan

Pil ini awalnya hanya dikembangkan sebagai obat untuk orang dewasa, dan masih banyak yang tidak diketahui tentang efek samping potensial bagi pengguna yang lebih muda.

Secara keseluruhan, penelitian telah menghasilkan temuan beragam tentang hubungan antara penggunaan kontrasepsi hormonal dan depresi.

Beberapa penelitian tidak menemukan hubungan, dan yang lain menemukan risiko depresi yang lebih rendah pada pengguna pil dewasa dibandingkan dengan yang bukan pengguna.

Namun, baru-baru ini, studi terbesar hingga saat ini mengenai topik ini - dengan partisipan lebih dari satu juta wanita yang tinggal di Denmark - menyimpulkan bahwa wanita yang menggunakan pil atau kontrasepsi hormonal lainnya berisiko lebih tinggi untuk mengalami depresi.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa hubungan ini paling terlihat pada wanita remaja.

Bagaimana Pil KB bisa meningkatkan risiko depresi?

Penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Journal of Child Psychology and Psychiatry melampaui penelitian sebelumnya dengan memeriksa apakah penggunaan pil kontrasepsi memiliki risiko depresi jangka panjang.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X