Cidera di Kepala Berpotensi Sebabkan Gangguan Saraf sampai Demensia

Kompas.com - 09/09/2019, 09:05 WIB
Ilustrasi sakit kepala g-stockstudioIlustrasi sakit kepala

KOMPAS.com - Satu cidera otak tengkorak kepala ternyata memiliki potensi untuk mengurai protein di otak Anda.

Dilansir dari Science Alert, Jumat (6/9/2019), satu ketukan serius pada tengkorak bisa menyebabkan kerusakan saraf yang berujung pada kondisi neurodegeneratif seperti penyakit Alzheimer.

Sebagian besar penelitian mengenai dampak neurologis trauma kepala berfokus pada kerusakan berulang. Seperti yang dialami oleh para olahragawan atau pemain bola.

Para peneliti dari seluruh Eropa dan Inggris bekerja sama untuk melihat dampak potensial dari kecelakaan tunggal pada jaringan otak sukarelawan yang masih hidup.

Menggunakan scan Positron Emission Tomography (PET), para peneliti mencitrakan otak dari 21 sukarelawan yang pernah mengalami cidera kepala sedang hingga parah hingga 37 tahun sebelumnya karena jatuh, serangan, atau kecelakaan di jalan.

"Para ilmuwan semakin menyadari bahwa cidera kepala memiliki warisan atau bekas yang abadi di otak - dan dapat terus menyebabkan kerusakan puluhan tahun setelah cidera awal," kata ahli saraf Nikos Gorgoraptis dari Imperial College London.

Baca juga: Waspadai Cidera pada Mata akibat Cairan Zat Kimia

Selusin sukarelawan memenuhi syarat sebagai penyandang cacat berdasarkan evaluasi, dengan sisanya dicap sebagai 'pulih'. Kelompok cidera otak traumatis ini kemudian dibandingkan dengan 11 orang sehat tanpa riwayat trauma kepala.

Para peneliti kemudian mengumpulkan peta individual yang menunjukkan otak mana yang memiliki gumpalan protein tau kusut dan yang tidak.

Mereka memperhatikan peningkatan signifikan dalam jumlah protein tau yang terkumpul di lobus oksipital kanan - bagian belakang otak - di antara mereka yang mengalami cedera otak traumatis, terlepas dari apakah mereka telah pulih.

"Ini adalah pertama kalinya kami melihat protein ini kusut pada pasien yang mengalami cidera kepala tunggal," kata Gorgoraptis .

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X