Cidera di Kepala Berpotensi Sebabkan Gangguan Saraf sampai Demensia

Kompas.com - 09/09/2019, 09:05 WIB
Ilustrasi sakit kepala g-stockstudioIlustrasi sakit kepala

KOMPAS.com - Satu cidera otak tengkorak kepala ternyata memiliki potensi untuk mengurai protein di otak Anda.

Dilansir dari Science Alert, Jumat (6/9/2019), satu ketukan serius pada tengkorak bisa menyebabkan kerusakan saraf yang berujung pada kondisi neurodegeneratif seperti penyakit Alzheimer.

Sebagian besar penelitian mengenai dampak neurologis trauma kepala berfokus pada kerusakan berulang. Seperti yang dialami oleh para olahragawan atau pemain bola.

Para peneliti dari seluruh Eropa dan Inggris bekerja sama untuk melihat dampak potensial dari kecelakaan tunggal pada jaringan otak sukarelawan yang masih hidup.

Menggunakan scan Positron Emission Tomography (PET), para peneliti mencitrakan otak dari 21 sukarelawan yang pernah mengalami cidera kepala sedang hingga parah hingga 37 tahun sebelumnya karena jatuh, serangan, atau kecelakaan di jalan.

"Para ilmuwan semakin menyadari bahwa cidera kepala memiliki warisan atau bekas yang abadi di otak - dan dapat terus menyebabkan kerusakan puluhan tahun setelah cidera awal," kata ahli saraf Nikos Gorgoraptis dari Imperial College London.