Kasus Penggrebekan Pelaku Threesome, Begini Kata Psikolog

Kompas.com - 06/09/2019, 20:29 WIB
Ilustrasi pexelsIlustrasi

KOMPAS.com - Bisnis prostitusi online masih saja terjadi. Kali ini dua orang perempuan diamankan petugas Polres Serang Kota di sebuah hotel berbintang, Selasa (3/9/2019) malam. Keduanya mengaku kepada polisi sedang menunggu pelanggan satu orang pria untuk melakukan threesome.

Menyikapi kasus prostitusi seks threesome yang terjadi tersebut, Kompas.com mencoba mencari sudut pandang psikologi dengan menghubungi psikolog di Personal Growth, Ni Made Diah Ayu Anggreni MPsi, Jumat (6/92019).

Menurut Ayu, hubungan seks dengan lebih dari satu pasangan merupakan perilaku seks yang berisiko.

"Berhubungan seks dengan lebih dari satu partner itu perilaku seks yang berisiko, itu cenderung pria yang punya inisiatif," kata Ayu.

Baca juga: Kenapa Pria Tega Bunuh Pasangan karena Ditolak Berhubungan Seks?

Berdasarkan hasil penelitian, pria cenderung memiliki keinginan untuk melakukan perilaku seks berisiko lebih besar dibandingkan dengan wanita. Dikatakan Ayu, hal tersebut terjadi karena biasanya pria merupakan pihak yang memiliki inisiatif untuk mengambil keputusan dalam aktivitas seksual.

Bahkan untuk beberapa kasus yang pernah terjadi di Indonesia, ada suami yang rela menjual istrinya untuk berhubungan seks threesome.

Dari sisi psikologis, Ayu memandang bahwa dalam kasus yang seperti ini, ada baiknya diidentifikasi lebih dalam apa motif dari suami. Hal itu karena ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi perilaku ini.

"Misal kurangnya psikoedukasi mengenai perilaku seks berisiko apalagi jika istrinya sedang hamil, (atau) apakah suami memiliki kepercayaan lain atau mungkin masalah psikologis," kata Ayu.

Baca juga: Dua Garis Biru, Bagaimana Sih Kenalkan Edukasi Seks pada Anak?

Jika ada kasus suami yang rela menjual istrinya untuk berhubungan seks threesome tersebut, Ayu dengan tegas mengatakan itu bukanlah suatu kewajaran dan bahkan menyalahi norma yang ada.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X