Gempa Hari Ini: Lindu Guncang Ternate, Sulawesi Selatan, dan Lampung

Kompas.com - 05/09/2019, 21:32 WIB
Ilustrasi gempa ShutterstockIlustrasi gempa

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa pada Kamis (5/9/2019) dirasakan di Ternate, Maluku Utara.

Gempa berkekuatan M 5,0 berpusat di laut, 152 kilometer arah barat daya Ternate, Maluku Utara. Gempa ini terjadi pada pukul 01.09 WIB.

Baca juga: Gempa Hari Ini: Lindu Guncang Kendari dan Manado Malam Ini

Episenter gempa berada di koordinat 0,14 LU dan 126,15 BT.

Hiposenter gempa sendiri berada di kedalaman 10 km.

Baca juga: BMKG: Ada 673 Kali Gempa Selama Agustus 2019, 3 Di Antaranya Merusak

Sementara itu, pada pukul 17.17 WIB gempa berkekuatan M 4,0 mengguncang daratan Sulawesi Selatan, 7 kilometer arah barat Enrakeng.

Episenter gempa berada di koordinat 3,50 LS dan 119,71 BT.

Hiposenter gempa sendiri berada di kedalaman 10 km.

Gempa ini dirasakan warga Enrakeng pada skala intensitas II-III MMI.

Gempa ketiga terjadi pada pukul 18.56 WIB. Gempa berkekuatan M 5,0 itu mengguncang wilayah laut, 128 kilometer arah barat daya Pesisir Barat, Lampung.

Episenter gempa berada di koordinat 6,32 LS dan 103,7 BT.

Hiposenter gempa sendiri berada di kedalaman 10 km.

Gempa ini dirasakan di beberapa daerah, seperti Liwa, Balik Bukit, Lampung Barat pada skala intensitas II-III MMI, kemudian di Kota Agung, Tanggamus, Lampung pada skala intensitas I-II, dan warga Pesisir Barat pada skala intensitas I MMI.

Ketiga gempa tidak berpotensi tsunami.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X