Ahli Ungkap "Kehidupan" Kuno, Bersembunyi 2,4 Kilometer di Bawah Tanah

Kompas.com - 29/08/2019, 17:31 WIB
Tambang Kidd Creek di Ontario, Kanada. Tambang Kidd Creek di Ontario, Kanada.

KOMPAS.com - Para ahli baru saja menemukan " kehidupan" tertua di Bumi yang bersembunyi 2,4 kilometer di bawah tanah.

Dilansir IFL Science, Senin (26/8/2019), tambang Kidd Creek di Ontario, Kanada adalah ruma bagi air tertua Bumi.

Kini setelah diketahui keberadaannya, anak sungai kaya sulfat dan air berhidrogen tinggi itu diyakini dapat menampung kehidupan mikroba.

Studi sebelumnya mengatakan, air tersebut terperangkap sejauh 2,4 kilometer di bawah permukaan batuan prekambria selama jutaan atau mungkin miliaran tahun.

Baca juga: Ilmuwan Temukan Mikroba di Stasiun Luar Angkasa Internasional

Bulan lalu, studi yang terbit di jurnal Geomikrobiologi menemukan adanya kehidupan mikroba yang tidak tersentuh oleh air dari permukaan tanah.

Para ahli dari Universitas Toronto, Kanada menemukan, sel-sel mikroba di antara sedimen dalam sampel yang dikumpulkan melalui dua lubang bor, secara alami mengeluarkan air rekahan.

Hasilnya menambah bukti, ada biosfer bawah permukaan di kerak bumi - daerah yang dianggap bermusuhan dengan kehidupan - yang memiliki sangat sedikit interaksi dengan segala sesuatu yang ada di atas permukaan tanah.

Pada Desember 2018, sebuah proyek selama satu dekade memaparkan biosfer yang dalam yang terdiri dari miliaran mikroba yang hidup bermil-mil di bawah permukaan tanah.

Mereka menduga, sebanyak 70 persen dari semua mikroorganisme yang hidup di Bumi ada di bawah tanah, di lingkungan yang diyakini terlalu panas, terlalu gelap, dan dengan nutrisi yang terlalu sedikit untuk menopang makhluk hidup (bahkan yang sekecil nematoda).

Secara kolektif, diyakini mikroba ini menghasilkan 15 hingga 23 miliar ton karbon, yang 245 hingga 385 kali lebih besar dari massa karbon manusia di atas permukaan.

Para ilmuwan menamai mikroba ini dengan nama "Galapagos bawah tanah". Di mana mereka terdiri dari sekumpulan bakteri, archaea (mikroba tanpa inti yang terikat membran), eukarya (mikroba dan organisme multiseluler dengan inti dan organel yang terikat membran).