3 Spesimen Pilihan Kompas.com di Museum Koleksi Zoologi Bogor

Kompas.com - 28/08/2019, 18:07 WIB
Katak Pinokio adalah hewan endemik Gunung Foja, Papua. Ellyvon PranitaKatak Pinokio adalah hewan endemik Gunung Foja, Papua.

KOMPAS.com- Museum zoologi memiliki daya tarik tersendiri bagi para pencinta satwa. Namun, tidak jarang karena terlalu banyaknya spesimen yang ada, pengunjung awam menjadi bingung harus melihat yang mana.

Museum Zoologi Bogor dibagi atas dua lokasi, yaitu museum pameran untuk pengunjung secara umum dan museum koleksi yang hanya bisa dilihat oleh pengunjung tertentu, seperti anak sekolah dan mahasiswa.

Berikut adalah tiga spesimen menarik pilihan Kompas.com di museum koleksi Zoologi Bogor, LIPI:

1. Katak Pinokio

Pinokio identik dengan hidungnya yang panjang. Ternyata di Gunung Foja, Papua, terdapat jenis katak yang memiliki hidung panjang sehingga diberi nama latin Litoria pinocchio.

Baca juga: Serba Serbi Hewan: Inilah Katak Terbesar di Dunia, Bisa Bangun Kolam

Katak pinokio merupakan jenis katak pohon yang bertubuh kecil dengan panjang katak dewasa sekitar 3 sentimeter. Habitat katak ini di dataran tinggi. Ciri fisik katak ini selain memiliki hidung yang panjang, juga terdapat cakram di ujung jemarinya. Itu berguna ketika katak tersebut memanjat pohon.

Spesimen katak pinokio yang ada di MZB dijadikan acuan penelitian di LIPI karena ini merupakan penemuan pertama dan terbaru dari spesies katak pinokio.

2. Ikan Raja Laut

Ikan purba yang satu ini sudah ada di bumi sebelum dinosaurus, dan populasinya masih ada hingga sekarang.Ellyvon Pranita Ikan purba yang satu ini sudah ada di bumi sebelum dinosaurus, dan populasinya masih ada hingga sekarang.

Ikan Raja Laut menjadi satu-satunya spesies ikan zaman purba yang masih hidup hingga sekarang. Bahkan, ikan ini dinyatakan telah ada sebelum dinosaurus ada.

Pada awalnya, ikan tersebut dikira satu jenis dengan ikan Coelantach komoro (Latimeria chalumnae) yang ada di Madagaskar karena corak hitam dan putih yang terdapat sisik ikan tersebut, tetapi ternyata ini spesies berbeda.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X