Kompas.com - 22/08/2019, 19:33 WIB

KOMPAS.com – Makanan warteg kerap dicap tidak sehat. Padahal bagi kebanyakan anak kos, warteg mungkin adalah satu-satunya pilihan tempat makan yang sesuai dengan kantong.

Dilansir dari Hellosehat, 6 September 2017, ada beberapa tips untuk mengakali makan di warteg agar sehat, tetapi masih murah meriah.

1. Pilih ikan

Daripada daging, ikan yang kaya lemak baik akan menjadi pilihan yang lebih sehat bagi kantong dan tubuh Anda. Pasalnya, selain lemak baik, ikan juga kaya akan omega 3, vitamin D dan selenium.

Omega 3 bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, menormalkan tekanan darah dan ritme jantung, menurunkan kadar trigliserida dalam darah dan membantu mengurangi inflamasi dalam tubuh.

Baca juga: Tak Harus Mahal, Ini Tips Makanan Diet Enak dan Murah

2. Hindari menu yang digoreng

Tahukah Anda bahwa satu sendok teh atau 5 gram minyak goreng menyumbang 50 kalori? Sekarang, bayangkan berapa banyak minyak yang meresap ke dalam makanan yang telah digoreng.

Dengan sekadar memilih makanan yang tidak digoreng, misalnya dikukus, dibakar atau ditumis; Anda telah memangkas jumlah kalori yang besar dan melindungi lingkar pinggang Anda.

3. Hindari santan

Jika sudah menghindari minyak, jangan lantas memilih menu yang bersantan. Pasalnya, sepertiga gelas santan mengandung lima gram lemak yang setara dengan 50 kalori. Padahal, pengolahan makanan bersantan sering kali masih membutuhkan minyak untuk menumis bumbunya.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber hellosehat
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.