Rumput Laut Makassar Ditemukan Berpotensi Lawan Obesitas dan Kanker

Kompas.com - 22/08/2019, 19:05 WIB
Prof Dr Irwandi Jaswir LIPIProf Dr Irwandi Jaswir

KOMPAS.com- Rumput laut dari Makassar ditemukan memiliki potensi sebagai anti-obesitas dan juga anti-kanker.

Hal ini diungkapkan melalui penelitian oleh Prof Dr Irwandi Jaswir dari International Islamic University Malaysia yang menyatakan bahwa rumput laut berwarna cokelat dari lautan Makassar memiliki manfaat lebih dari sekadar bahan utama pembuatan makanan.

Irwan mendapatkan ide untuk melakukan penelitian tersebut karena saat berada di Jepang, dia melihat begitu banyaknya riset atau penelitian, bahkan produk, rumput laut Wakame.

Perbincangan dengan seorang profesor di Jepang lantas mengantarkan Irwan untuk melakukan penelitian terhadap rumput laut cokelat di daerah tropis, seperti Sargassum binderiS. duplicatumS. plagyophyllumS. fulvellumPadina australis dan Turbinara tubinata.

Rupanya, rumput laut cokelat dari Makassar ditemukan mengandung antioksidan fucoxanthinol yang berpotensi melawan obesitas dan kanker.

Baca juga: Omega-3 Berpotensi Kurangi Risiko Kanker Payudara pada Wanita Obesitas

Suplemen untuk orang obesitas

Antioksidan fucoxanthinol ditemukan memiliki pengaruh positif terhadap jaringan lemak.

"Saat kami lakukan penelitian pada tikus, jaringan lemak pada tikus yang tidak diberikan fucoxanthinol itu melebar, sedangkan lemak tikus yang diberikan fucoxanthinol akan mengecil. Melihat lebih ke molekuler, hal itu bisa (ada kaitannya antara lemak dan fucoxanthinol)," kata Irwan saat ditemui Kompas.com dalam acara Anugerah LIPI Sarwono Award, Jakarta (22/8/2019).

Dia mengatakan bahwa pada saat ini, rumput laut tersebut sudah banyak dijadikan suplemen. Penelitian yang dilakukan terhadap wanita obesitas di Jepang juga menunjukkan hasil yang positif.

"Selama satu bulan, wanita obesitas yang diberikan suplemen dan dengan yang tidak (diberikan suplemen), ada perbedaannya," ujarnya. 

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X