Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tumbuh Tahi Lalat Baru di Badan, Mungkinkah Pertanda Kanker?

Kompas.com - 18/08/2019, 07:34 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

Sumber WebMD

KOMPAS.com – Tahi lalat merupakan suatu tanda alami yang terdapat di kulit sekujur tubuh manusia, bisa di bagian yang terlihat, bisa juga di bagian-bagian lipatan yang tersembunyi, atau juga di kulit kepala yang tertutup rambut.

Tahi lalat ada yang tumbuh dan mengalami perubahan ukuran, ada juga yang tidak berkembang. Tahi lalat juga ada yang memiliki volume, biasanya diikuti dengan rambut yang tumbuh di bagian tenganya, ada juga yang hanya berupa titik warna.

Tapi pernahkan Anda menemukan adanya tahi lalat baru di sekujur tubuh? Dan apa yang menjadi kekhawatiran terbesar Anda saat itu?

Ya, mempertanyakan apakah hal ini sebagai sesuatu yang normal, atau justru mengindikasikan sebuah penyakit?

Baca juga: Kenapa Sih Bulu pada Tahi Lalat Bisa Tumbuh Panjang?

Tidak berbahaya

Melansir laman Webmd, tahi lalat baru bisa muncul di kulit tubuh manusia, mereka juga bisa menghilang, bertambah besar, atau memudar dengan seiring berjalannya waktu.

Sehingga tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari tumbuhnya tahi lalat baru di bagian tubuh manapun. Terlebih jika kemunculannya terjadi di rentang usia 25 tahun.

Tahi lalat baru ini tumbuh akibat adanya sel-sel pemberi pigmen alami bernama melanosit yang tumbuh menggumpal dan tidak menyebar ke seluruh area kulit.

Hal ini adalah normal dan bukan pertanda fisik yang perlu dicemaskan. Seseorang masih dikatakan normal jika memiliki tahi lalat di sekujur tubuhnya sejumlah 10-40 buah tahi lalat.

Ciri tahi lalat pertanda kanker

Sebagian besar tahi lalat tidak berbahaya bagi kesehatan. Namun, ada tahi lalat yang patut untuk diwaspadai karena bisa menjadi pertanda dari adanya penyakit kanker di dalam tubuh.

Tahi lalat yang mengindikasikan kanker dapat dilihat dari jenisnya yang berbeda dari kebanyakan tahi lalat yang ada di tubuh. Selain itu, tahi lalat yang baru muncul di atas usia 25 tahun juga patut diwaspadai.

Jika terjadi perubahan di tahi lalat Anda, baik dari segi warna, ukuran, volume, atau bentuk, di atas usia 25 tahun atau tahi lalat mengeluarkan darah, mengeluarkan cairan, gatal, melunak, atau terasa sakit, Anda perlu memeriksakannya ke ahli dermatologis atau dokter kulit.

Secara lebih rinci, berikut ini tanda-tanda tahi lalat yang memiliki menjadi indikasi kuat kanker pada diri seseorang.

  • Tahi lalat bersifat asimetri, atau satu bagian berbeda dengan bagian lainnya di satu titik yang sama.
  • Tepian tahi lalat tidak rata, buram, atau tidak teratur
  • Warna tahi lalat tidak merata di seluruh bagiannya
  • Diameternya lebih besar dari penghapus pensil
  • Tahi lalat mengalami evolusi, yakni berubah ukuran, bentuk, dan warna

Tahi lalat ini biasa disebut sebagai melanoma. Lokasi tumbuhnya berbeda antara laki-laki dan perempuan. Pada laki-laki, tahi lalat indikasi kanker ini banyak tumbuh di daerah dada dan punggung.

Sementara pada perempuan, tahi lalat ini akan banyak ditemukan di area kaki bagian bawah.

Baca juga: Waspadai Kanker Kulit jika Tahi Lalat seperti Ini

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WebMD
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com