Awas, Pamer Otot Berisiko Terkena Hipoksia

Kompas.com - 14/08/2019, 14:22 WIB
Seorang pemuda tengah memamerkan ototnya. Screen shoot video pemuda pamer ototSeorang pemuda tengah memamerkan ototnya.

KOMPAS.com – Sebuah video yang memperlihatkan seorang pemuda yang sedang memamerkan ototnya ramai diperbincangkan publik belakangan ini. 

Pasalnya dalam video yang beredar luas tersebut, pemuda yang belum diketahui identitasnya itu tiba-tiba terjatuh ketika tengah memamerkan ototnya.

Di beberapa keterangan yang beredar menyebutkan pemuda tersebut pingsan usai memamerkan otot dan bahkan mengalami pecah pembuluh darah.

Dari kasus tersebut, Kompas.com mencoba menanyakan hal ini kepada Ahli Kedokteran Olahraga, dr. Michael Triangto, SpKo.

Menurut pendapatnya, tindakan seperti yang dilakukan pemuda tersebut memang bisa membahayakan karena dapat menimbulkan hipoksia. Atau menurunnya kadar oksigen dalam darah.

“Kemungkinan dia mengalami defisit aliran darah yang menuju jantung atau otak. Tak heran kalau dia mengalami hipoksia. Jadi aliran darah jadi drop dan dia mengalami lemas dan jatuh,” ujarnya kepada Kompas.com, Rabu (14/8/2019).

Baca juga: 4 Fakta Empat Pemuda Diduga Mengencingi Bendera Merah Putih, Viral di Medsos hingga Minta Maaf

Meski demikian Michael tak bisa memastikan, apakah kondisi pasien tersebut memang pingsan atau lemas karena tak secara langsung memeriksa pemuda tersebut.

Michael menjelaskan, apa yang dilakukan si pemuda tersebut yakni berusaha mengkontraksikan otot-otot tubuhnya. Hal itu berdasarkan pengamatannya secara sekilas.

“Yang terjadi di situ dia berusaha mengkontraksikan otot-otot tubuhnya. Tak hanya lengan, termasuk juga bahu, leher, lengan atas bawah, dada perut semua dikencangkan,” katanya lagi.

Otot Bisa Terjepit

Ia menjelaskan, saat mengencangkan otot, yang terjadi adalah pembuluh darah yang melewati otot-otot tersebut bisa terjepit.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X