Hari Ini dalam Sejarah: Fosil Lengkap T-Rex Ditemukan

Kompas.com - 12/08/2019, 18:06 WIB
Ahli geologi Bill Simpson membersihkan Sue, Tyrannosaurus Rex yang berusia 67 juta tahun yang dipajang di Field Museum pada 12 November 2013 di Chicago, Illinois.AFP/SCOTT OLSON Ahli geologi Bill Simpson membersihkan Sue, Tyrannosaurus Rex yang berusia 67 juta tahun yang dipajang di Field Museum pada 12 November 2013 di Chicago, Illinois.

KOMPAS.com - Pada hari ini, 12 Agustus 1992 sebuah kerangka utuh dinosaurus Tyrannosaurus rex ditemukan.

Tyrannosaurus rex atau yang lebih dikenal dengan nama T-rex merupakan spesies dinosaurus yang berasal dari era Mesozoic.

Makhluk prasejarah ini hidup antara 65-70 juta tahun lalu.

History menyebutkan, pada hari ini 27 tahun lalu, seorang pemburu fosil Susan Hendrickson beserta ahli paleontologi Peter Larson menemukan tiga buah tulang besar yang menonjol keluar dari tebing dekat Faith, South Dakota tepatnya di sebuah peternakan sapi milik Maurice Williams.

Namun ternyata, tulang yang ia temukan bukanlah kerangka biasa. Ketiga tulang tersebut ternyata bagian dari kerangka utuh Tyrannosaurus rex. Uniknya, kerangka dinosaurus yang ditemukan ini utuh, bahkan tulangnya pun terawat.

Melansir Britannica, fosil ini memiliki panjang 12,8 meter dan merupakan kerangka T-rex terbesar yang ditemukan. Spesimen berusia 65 juta tahun tersebut kemudian dijuluki Sue, untuk menghormati nama penemunya.

Setelah kabar penemuan itu tersebar, lembaga yang mempekerjakan Hendrickson, Black Hills Institute of Geological Research membeli lahan tempat ditemukannya tulang-tulang itu seharga 5.000 dollar AS.

Lembaga ini membeli lahan tersebut bukan hanya untuk keperluan penelitian, namun juga menggali kerangka dinosaurus lain yang mungkin ditemukan.

Setelah itu, presiden lembaga tersebut, Peter Larson mengumumkan akan membangun sebuah museum yang akan digunakan sebagai ruang pamer bagi kerangka Sue dan fosil-fosil lain dari periode Cretaceorus.

Konflik Perebutan Sue

Penemuan kerangka lengkap Sue ini membuahkan perdebatan serius. Pada tahun 1992, Kantor Pengacara AS mengklaim tulang belulang Sue adalah milik pemerintah. Argumen ini dilayangkan berdasarkan lokasi penemuan yang berada di atas tanah federal.