Bagaimana Cara Membaca Label Informasi Nilai Gizi pada Makanan?

Kompas.com - 12/08/2019, 11:58 WIB
Ilustrasi membaca label makanan Ryan McVayIlustrasi membaca label makanan

KOMPAS.com - Bagi Anda yang sibuk, mungkin Anda tidak sempat memasak makanan di rumah. Akibatnya, Anda terpaksa membeli makanan dari luar atau makanan instan di minimarket atau supermarket. Namun, sebaiknya Anda memperhatikan label kemasan makanan yang akan anda beli.

Dikutip dari Mayo Clinic: Family Health Book terbitan Intisari, label makanan dapat digunakan sebagai panduan berharga dalam memperoleh bahan bergizi yang lebih baik.

Label makanan terdiri dari beberapa bagian, termasuk komposisi dan label informasi gizi. Setiap label makanan memiliki beberapa komponen, seperti ukuran penyajian, lemak total, nutrisi, serta presentase harian.

Ukuran Penyajian

Biasanya, takaran sajian didasarkan pada jumlah makanan berlabel lain yang umum disantap orang dan digunakan dalam satuan ukuran berat, isi, atau takaran alat rumah tangga. Periksalah ukuran per saji, apakah sesuai dengan porsi Anda. Jika yang Anda konsumsi lebih banyak, berarti jumlah kalori dan nutrisi yang diperoleh dari makanan itu juga lebih besar.

Lemak Total

Setiap label mencantumkan lemak total dalam setiap penyajian. Diet harian yang dianjurkan adalah 1.600 kalori dan bagi kebanyakan wanita, jumlah lemak total dibatasi hingga 45 gram dan lemak jenuh hingga 17 gram.

Sementara itu, diet yang dianjurkan untuk pria dan wanita aktif adalah 2.200 kalori, dengan lemak total hingga 60 gram dan lemak jenuh sebanyak 24 gram.

Nutrisi

Setiap label mencantumkan jumlah kandungan zat gizi dalam sekali saji. Zat-zat tersebut adalah lemak, kolestrol, sodium, karbohidrat, serat makanan, gula, protein, vitamin, kalsium, besi, dan fosfor. Beberapa daftar label juga menyebutkan zat gizi yang lainnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X