6 Cara Ampuh untuk Memberantas Jerawat yang Membandel

Kompas.com - 08/08/2019, 17:06 WIB
Ilustrasi jerawat SrisakornIlustrasi jerawat

KOMPAS.com -  Jerawat merupakan hal yang sangat mengganggu. Meskipun bentuknya kecil, namun cukup sakit dan menggugah untuk dipencet. Mitosnya, jerawat tumbuh akibat jatuh cinta. Namun faktanya, jerawat muncul dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Apa itu Jerawat?

Menurut buku Mayo Clinic: Family Health Book terbitan Intisari, jerawat adalah gangguan kulit yang ditandai dengan tumbuhnya bintil-bintil kecil akibat tersumbatnya pori-pori kulit.

Faktanya, jerawat mengenai empat dari lima orang berusia 12-24 tahun. Diperkirakan, satu dari lima orang dewasa berusia 25-44 tahun mengalami jerawat, dan separuh dari perempuan dewasa mengalami jerawat ringan hingga menengah.

Jerawat terjadi ketika folikel rambut pada kulit mengalami penyumbatan. Setiap folikel rambut memiliki kelenjar minyak (sebasea) yang mensekresi minyak (sebum) untuk melumasi rambut dan kulit. Ketika menghasilkan sebum dan sel-sel mati lebih cepat daripada kemampuan pori-pori untuk mengeluarkannya, maka sebum dan sebasea akan bertambah padat menjadi nanah.

Sebetulnya, jerawat sendiri adalah komedo putih (white heads) yang meradang. Apabila pori-pori kulit tetap terbuka, permukaan atas dari sumbatan sebum akan menggelap dan menjadi komedo hitam. Selain itu, ada juga jerawat membandel yang disebut dengan jerawat kistik.

Beberapa faktor penyebab jerawat di antaranya adalah:
1. Hormon, misalnya wanita sedang haid atau hamil
2. Stres
3. Menjalani pengobatan tertentu
4. Keturunan

Pengobatan

Pengobatan jerawat dapat dilakukan dengan cara-cara berikut:

1. Jangan memencet jerawat

Memencet jerawat dapat menyebabkan infeksi atau meninggalkan bekas. Anda harus sabar sebab sebagian besar jerawat dapat sembuh dengan sendirinya.

2. Gunakan losion khusus untuk kulit berjerawat

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X