Tepatkah Usulan Anggota DPR Beralih ke PLTN untuk Cegah Listrik Mati?

Kompas.com - 08/08/2019, 16:32 WIB
Ilustrasi: Pembangkit listrik tenaga nuklir di  Cattenom, Perancis bagian timur.
AFP Ilustrasi: Pembangkit listrik tenaga nuklir di Cattenom, Perancis bagian timur.

KOMPAS.com - Anggota Komisi VII DPR RI Fraksi Nasdem, Kurtubi, mengusulkan agar Indonesia memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir ( PLTN).

Melansir Tribunnews, usulan itu disampaikan Kurtubi ketika tampil di program Indonesia Lawyers Club (ILC) di TV One pada Selasa (6/8/2019).

Menurut Kurtubi, Indonesia harus memasukkan PLTN sebagai bagian kelistrikan nasional dan tidak perlu takut dengan teknologi tersebut.

"Teknologi nuklir amat sangat aman untuk saat ini, sanggat relatif murah bersaing dengan babatubara. Mari kita songsong PLN kuat, listrik stabil, aman bersih. Inilah masa depan kita," ungkap Kurtubi.

Benarkah PLTN layak untuk Indonesia?

Baca juga: Demi Kurangi Emisi Karbon, Jepang Perbanyak Penggunaan Energi Nuklir

Menimbang letak geografis Indonesia yang sangat luas dan terdiri lebih dari 17 ribu pulau, Fahmy Radhi selaku pakar ekonomi energi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) sangat setuju bila Indonesia menggunakan PLTN.

"Indonesia yang sangat besar dengan ribuan pulau, saya kira sangat layak untuk menggunakan PLTN. Ini pertimbangan pertama," ujar Fahmy dihubungi Kompas.com, Kamis (8/8/2019).

"Kemudian pertimbangan kedua, Indonesia memiliki bahan baku uranium cukup besar, sehingga jika nanti Indonesia mengembangkan PLTN, jatuhnya biaya jauh lebih murah karena kita punya sumber daya sendiri," imbuh Fahmy yang juga dosen di UGM.

Untuk diketahui, energi nuklir bergantung kepada material fisil yang memungkinkan terjadinya reaksi berantai dengan netron. Beberapa contoh material tersebut adalah Uranium (U) dan Plutonium (Pu).

Investasi masa depan

Fahmy mengatakan, untuk membangun teknologi PLTN memang tidak murah. Namun, hal ini bisa menjadi investasi jangka panjang dengan keamanan tinggi untuk menerangi negeri.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X