Belajar dari Kebakaran di Jakarta, Berikut Alternatif Lilin Saat PLN Matikan Listrik

Kompas.com - 06/08/2019, 18:06 WIB
Ilustrasi listrik, ilustrasi listrik, meteran listrik ShutterstockIlustrasi listrik, ilustrasi listrik, meteran listrik

KOMPAS.com - Padamnya listrik di sebagian Pulau Jawa beberapa hari lalu tidak hanya meninggalkan kemarahan bagi masyarakat Indonesia, tetapi juga duka.

Pasalnya, padamnya listrik menjadi penyebab kebakaran 50 rumah di Menteng, Jakarta Pusat. Dilaporkan oleh Kompas.com, Senin (5/8/2019), warga menggunakan lilin saat listrik mati dan menyebabkan kebakaran pada salah satu rumah. Api kemudian merembet dan membakar 49 rumah lainnya. Akibat kebakaran tersebut, satu orang pun menjadi korban luka bakar.

Belajar dari kejadian ini, kita harus lebih siap bila listrik padam terjadi kembali di kemudian hari. Pasalnya, pada setiap cahaya lilin yang menyala, ada risiko kebakaran yang mengintai.

Direkomendasikan oleh New York City Emergency Management, berikut adalah beberapa alternatif lilin yang bisa Anda gunakan jika terjadi pemadaman listrik:

Baca juga: Listrik Padam di Sebagian Jawa, Makanan Apa Saja yang Harus Dibuang dari Kulkas?

Senter

Meski saat ini sudah ada fungsi senter pada ponsel, harus diingat bahwa Anda perlu ponsel tersebut untuk tetap dapat berkomunikasi dengan orang lain.

Oleh sebab itu, simpan daya baterai ponsel Anda dan gunakan senter benaran untuk penerangan saat listrik padam.

Selain sebagai penerangan, senter juga bisa digunakan untuk memberikan sinyal minta tolong ketika Anda dalam keadaan darurat.

Lentera

Ketika menyebut lentera, kebanyakan orang akan membayangkan lentera minyak tanah yang juga bisa menyebabkan kebakaran layaknya lilin.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X