Seri Baru Jadi Ortu: Selain Daun Katuk, 4 Sayuran ini Baik untuk ASI

Kompas.com - 06/08/2019, 17:00 WIB
Ilustrasi menyusui SHUTTERSTOCKIlustrasi menyusui

KOMPAS.com - Kebutuhan nutrisi yang memadai tidak hanya dibutuhkan ibu selama masa kehamilan saja, melainkan juga setelahnya, yakni di masa menyusui si kecil.

Dari berbagai sumber nutrisi penting, salah satu yang tidak boleh terlewatkan adalah sayur- sayuran.

Pasalnya, sayuran mengandung berbagai zat gizi penting yang dibutuhkan oleh ibu dan bayi.

Beberapa sayuran pun mampu mencukupi kebutuhan nutrisi agar ASI lancar dan berkualitas. Berikut 5 jenis sayur yang baik untuk ibu menyusui agar ASI lancar seperti dilansir Hello Sehat:

Baca juga: Seri Baru Jadi Ortu: 10 Mitos Menyusui yang Wajib Ibu Tahu

1. Daun katuk

Ilustrasi daun katuk Ilustrasi daun katuk
Daun katuk sudah terkenal berkat popularitasnya dalam meningkatkan produksi ASI.

Hal ini pun dibuktikan dengan terbitnya sebuah penelitian dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Kesehatan RI, yang menyatakan bahwa pemberian ekstrak daun katuk pada ibu menyusui mampu memperbanyak sekaligus melancarkan produksi ASI, daripada ibu menyusui yang tidak mendapat ekstrak daun katuk.

Kandungan dalam daun katuk meningkatkan produksi susu dan juga memberi Anda dan si kecil nutrisi penting, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalsium, zat besi, dan lainnya.

2. Bayam  
Ilustrasi bayam Ilustrasi bayam
Jika sebelumnya Anda pernah mengalami perdarahan setelah melahirkan, makan makanan sumber zat besi seperti bayam bisa menjadi solusinya.   Bukan tanpa alasan, karena bayam dipercaya efektif untuk menambah kadar zat besi tubuh berkat kandungan zat besinya yang tinggi.

Hal ini pun berlanjut di masa menyusui. Beberapa jenis sayuran hijau berdaun gelap, termasuk bayam, mengandung kaya akan nutrisi seperti kalsium, vitamin A, serta vitamin C yang baik untuk ibu dan bayi.

Bahkan, kandungan antioksidan dalam bayam dipercaya rendah kalori dan bisa menyehatkan jantung. Selain itu, fitoestrogen yang ada dalam bayam memiliki efek positif terhadap kelancaran produksi ASI.

3. Bawang putih

Ilustrasi bawang putihAmarita Ilustrasi bawang putih
Selain bisa melezatkan cita rasa suatu masakan, ternyata bawang putih juga termasuk salah satu sumber galactagogue terbaik, yakni senyawa yang bisa membuat ASI lancar.

Meski sebagian orang berpendapat bahwa jika sering makan bawang putih, maka bau bawang tersebut dapat memengaruhi ASI.

Faktanya tidak selalu begitu. Ini karena makanan apapun yang Anda makan tidak akan mengganggu rasa alami dari ASI.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X