Memberikan Waktu Menyusui, Untung atau Rugikah Perusahaan?

Kompas.com - 05/08/2019, 17:04 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Masa menyusui bayi atau program laktasi merupakan masa emas bagi pertumbuhan bayi mendatang. 

Namun, terkadang menyusui sulit dilakukan oleh para pekerja perempuan yang tidak mendapatkan fasilitas, bahkan kesempatan, untuk menyusui bayinya saat berkerja hingga 10-12 jam per hari.

Model promosi laktasi di tempat kerja ditemukan mampu meningkatkan prevelensi ASI eksklusif dan mempertahankan produktivitas pekerja.

Untuk diketahui, model promosi laktasi merupakan sebuah program mendukung laktasi (menyusui) oleh perusahaan kepada para pekerja perempuan paska melahirkan.

Baca juga: Ahli Tegaskan, Tidak Ada Susu Formula yang Lebih Baik dari ASI

Peneliti Dr dr Ray Basrowi MKK dari Ikatan Alumni Magister Kedokteran Kerja (ILUNI MKK FKUI), melakukan pendekatan dengan metode Delphi atau melalui kesepakatan para ahli dan mengidentifikasikan tujuh komponen utama dukungan laktasi di tempat kerja.

Ketujuh komponen meliputi peraturan dan kebijakan perusahaan mencakup cuti melahirkan 3-6 bulan, kebijakan waktu memompa ASI yang fleksibel selama jam kerja dan edukasi rutin.

Fasilitas wajib yaitu ruang laktasi khusus dengan perlengkapan yang sesuai dengan Permenkes No 15 tahun 2013.

Selanjutnya, memberikan materi edukasi dengan sembilan topik terkait manfaat dan metode laktasi, gizi untuk ibu menyusui, penanganan payudara dan dukungan lingkungan kerja terhadap perilaku laktasi. Adapun target peserta meliputi pekerja perempuan usia produktif, hamil, menyusi dan kembali dari cuti melahirkan.

Baca juga: Ahli Beberkan 3 Sebab Produksi ASI Sedikit dan Cara Meningkatkannya

Metode promosi laktasi ini juga dilakukan dengan prioritas pendekatan diskusi interaktif, pemanfaatan sosial media dan konseling pribadi.

Tidak hanya itu, sumber daya manusia juga harus fokus pada manajemen, konselor laktasi dan dokter perusahaan, serta mencakup jadwal konseling interaktif dan konselor laktasi di tempat kerja.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X