Bukan Benda Cair, Alasan Saus Tomat Susah Dikeluarkan dari Botolnya

Kompas.com - 03/08/2019, 10:06 WIB
Saus tomatShutterstock Saus tomat

KOMPAS.com- Pernahkah anda merasa kesusahan menuangkan saus tomat dari botol kaca? Ternyata hal ini dapat dijelaskan secara ilmiah.

Dosen Jurusan Teknik di Universitas Melbourne, Anthony Stickland, mengatakan jika anda memiringkan sebuah botol berisi air, air tersebut akan mengalir karena air berupa cairan. Tetapi, saus tomat secara tekniknya adalah benda padat, bukan cairan.

Seperti pasta gigi dan cat, saus tomat tergolong zat padat yang lembut atau "yield stress fluid", zat yang hanya akan bergerak bila tekanannya tepat. Pasalnya, saus tomat sebetulnya adalah partikel-partikel tomat padat dalam cairan.

Nah, partikel-partikel tomat ini saling menempel satu sama lain sehingga membentuk jaringan kuat yang resisten terhadap gerakan. Itulah sebabnya kita perlu tenaga, misalnya dengan memukul pantat botol, untuk membuatnya mengalir dengan kecepatan optimal 0,028 mil per jam atau sekitar 0,05 kilometer per jam.

Baca juga: Perhatikan, Ini Cara Singkirkan Bakteri dari Botol Minum

Berikut adalah tiga langkah atau cara terbaik untuk mengeluarkan saus tomat, menruut Stickland.

1. Mengguncang
Selalu mulai dengan mengguncangkan botol saus secukupnya dalam keadaan tertutup. Anda membutuhkan kekuatan yang cukup untuk melampaui batas tekanan yang dibutuhkan oleh

Saus tomat yang sudah lama tidak dipakai juga bisa memisahkan diri menjadi bagian cair dan padat. Mengguncangkan akan mencampurkannya kembali sehingga partikel tomat pada menyebar.

2. Balik botol saus

Kalau saus tomat yang tersisa dalam botol hanya tinggal sedikit, Anda harus membalikkannya dan menggoncang-goncangkan botol beserta isinya dengan cepat dan kuat. Ini akan membuat saus tomat berpindah ke leher botol, lebih dekat dengan pintu keluarnya.

Baca juga: Ahli Temukan Air di Botol Aqua dan Nestle Mengandung Partikel Plastik

3. Miringkan dan tuang

Berikutnya yang harus Anda lakukan untuk membuat saus tersebut keluar ialah memastikan untuk membuka tutup botol dan memiringkan perlahan-lahan hingga saus tomat mulai mengalir.

Jika botol sudah tegak lurus dan saus tomat tetap tidak mau mengalir, maka Anda butuh membuat dorongan kembali dengan memegang bagian leher botol dan mengetuk lembut bagian pantat botol tersebut.

"(Pada intinya) Anda harus mencari titik tekanan yang paling pas untuk menggerakkannya (saus tomat) ke burger Anda," ujar Stickland.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X