Gempa Hari Ini: Terjadi di Papua dan Bali

Kompas.com - 01/08/2019, 22:21 WIB
Ilustrasi gempabodnarchuk Ilustrasi gempa

KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat terjadinya dua gempa bumi hari ini, Kamis (01/08/2019). Kedua lindu tersebut berkekuatan signifikan dan berada di dua wilayah berbeda.

Gempa bumi pertama mengguncang Pegunungan Arfak, Papua sekitar pukul 01.35 WIB. Lindu dini hari tadi itu berkekuatan M 5,4.

Getaran dirasakan oleh warga di Manokwari, Papua dalam skala intensitas II-III MMI.

Pusat gempa berada di darat, sekitar 71 km arah barat laut Pegunungan Arfak. Sedangkan kedalaman gempa tercatat pada 72 km.

Baca juga: BMKG: Aktivitas Gempa Selama Juli 2019 Meningkat, Ini Rinciannya

Lindu kedua terjadi di wilayah perbatasan Pulau Jawa dan Bali. Gempa pukul 15.39 WIB itu bermagnitudo 4,3.

Guncangan gempa terasa di wilayah Kuta, Bali dalam skala intensitas II MMI. Skala tersebut menunjukkan bahwa getaran hanya dirasakan oleh beberapa orang saja.

Episenter gempa berada di darat, 34 km barat daya Banyuwangi. Sedangkan hiposenternya pada kedalaman 140 km.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X