Mana yang Lebih Baik, Cuci Muka dengan Air Dingin atau Air Hangat?

Kompas.com - 29/07/2019, 16:33 WIB
IlustrasiShutterstock Ilustrasi

KOMPAS.com - Untuk menjaga kulit tetap bersih, wajah Anda harus dibersihkan secara rutin. Selain pilihan produk pembersih yang sesuai kondisi kulit, suhu air untuk membasuh wajah juga perlu dipertimbangkan efeknya pada kulit.

Lantas, antara air dingin dengan air hangat, manakah yang lebih baik untuk cuci muka?

Cuci muka dengan air hangat atau air dingin?

Setiap hari, kulit terpapar berbagai bakteri, kotoran, keringat, dan polutan. Jika tidak dibersihkan dengan benar, kulit bisa bermasalah. Mulai dari penyumbatan pori-pori sehingga menimbulkan jerawat, iritasi kulit, hingga mempercepat penuaan.

Itulah alasannya Anda perlu membersihkan wajah secara rutin. Produk pembersih dapat secara efektif menghilangkan kotoran dan sebum (minyak) dari kulit.

Baca juga: Ini Alasan Harus Keramas Air Hangat Setelah Kehujanan

Namun, pembersih yang salah dapat mengganggu lapisan kulit terluar.

Selain pilihan produk pembersih, suhu air untuk membilas juga harus diperhatikan. Pasalnya, temperatur air dapat memengaruhi kondisi kulit.

Lantas, mana yang paling baik, cuci muka dengan air hangat atau air dingin?

Air dingin sangat baik untuk kulit,” ujar Kay Greveson, praktisi kesehatan dan kecantikan di Regents Park Aesthetics, seperti dikutip dari laman Women’s Health Magazine.

Paparan air dingin pada kulit dapat meningkatkan sirkulasi darah, sehingga mampu membuat kulit jadi lebih bersinar. Selain itu, air dingin juga membantu menyempitkan kapiler untuk menghilangkan kemerahan akibat peradangan.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X