Gempa Hari Ini: 3 Kali Getarkan Bali, Terasa Hingga Jember dan Lombok

Kompas.com - 24/07/2019, 20:42 WIB
Ilustrasi gempa bumi.AFP Ilustrasi gempa bumi.

KOMPAS.com - Empat gempa bumi mengguncang wilayah Indonesia hari ini, Rabu (24/07/2019). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat keempat lindu itu terjadi di dua wilayah berbeda.

Tiga gempa terjadi di wilayah Bali. Sedangkan satu lindu lain menggetarkan Lampung.

Gempa di Bali

Gempa di Bali hari ini terjadi sejak pagi, sekitar pukul 08.29 WIB. BMKG mencatat kekuatan gempa tadi pagi adalah M 4,9 yang kemudian dimutakhirkan menjadi M 4,6.

Episenter atau pusat gempa berlokasi di laut pada jarak 84 km barat daya Jembrana, Bali. Hiposenternya berada pada kedalaman 71 km.

Baca juga: Gempa Kembali Guncang Bali, Terasa Sampai Jawa Timur dan Lombok

Dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (24/07/2019), Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono menyebut bahwa gempa ini tampaknya berkedalaman menengah.

Lempeng yang bertanggung jawab atas guncangan tadi adalah aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempeng Eurasia.

"Deformasi slab Indo-Australia berada tepat di zona transisi Megathrust-Benioff," ungkap Daryono.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini dibangkitkan oleh deformasi kerak bumi dengan mekanisme pergerakan kombinasi naik-mendatar (oblique thrust fault)," tambahnya.

Getaran gempa tadi pagi itu tak hanya terasa di wilayah Bali saja, tapi juga hingga ke Banyuwangi, Jember, dan Lombok Utara.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X