Kasus Jefri Nichol, Ganja Ternyata Bisa Obati 5 Penyakit Ini

Kompas.com - 24/07/2019, 18:00 WIB
Ilustrasi ganja medis. SHUTTERSTOCKIlustrasi ganja medis.

KOMPAS.com - Nama artis peran Jefri Nichol sejak semalam, Selasa (23/07/2019) menjadi perbincangan hangat di masyarakat. Alasannya adalah penangkapan Jefri Nichol atas kasus penyalahgunaan narkotika jenis ganja.

Dia kedapatan memiliki ganja seberat 6,01 gram. Lebih lanjut, dalam konferensi pres yang digelar hari ini, Rabu (24/07/2019), Kapolres Jakarta Selatan Indra Jafar menuturkan hasil tes urine Jefri Nichol dinyatakan positif.

Di Indonesia sendiri, menggunakan dan memiliki ganja merupakan perbuatan ilegal. Hal ini karena ganja merupkan salah satu jenis narkotika golongan I yang terlampir dalam Undang-undang No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika (UU Narkotika).

Berbeda dengan Indonesia, beberapa negara justru melegalkan penggunaan ganja. Sebut saja negara seperti Kanada, Uruguay, Jamaika, Thailand, bahkan Korea Utara yang tertutup melegalkan penggunaan mariyuana.

Baca juga: Jefri Nichol Ditangkap karena Ganja, Foto MRI Tunjukkan Otak Pemakai Zat ini

Salah satu alasannya adalah banyaknya penelitian yang mendukung manfaat ganja dalam berbagai penggunaan medis.

Tentunya, penggunaan ganja untuk keperluan medis hanya berlaku sesuai porsi dan dianjurkan oleh dokter.

Berikut beberapa penelitian yang membuktikan manfaat ganja untuk beberapa penyakit baik fisik maupun psikis.

1. Anti-nyeri Neuropatik

Nyeri neuropatik merupakan sebuatan umum untuk menggambarkan rasa nyeri akibat kerusakan pada saraf.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal CMAJ pada Oktober 2010 menemukan bukti bahwa mengisap marijuana mampu meredakan nyri neuropatik.

Penelitian ini melibatkan 23 peserta usia dewasa yang mengalami nyeri neuropatik pasca-trauma atau pasca-operasi besar. Para peserta diminta mengisap dosis 25 mg tonggal melalui pipa tiga kali sehari selama 5 hari.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X