Gempa Kembali Guncang Bali, Terasa Sampai Jawa Timur dan Lombok

Kompas.com - 24/07/2019, 10:52 WIB
Ilustrasi gempa bumi. AFPIlustrasi gempa bumi.


KOMPAS.com - Pagi ini (24/7/2019) sekitar pukul 08.29 WIB, sebagian besar wilayah Bali, Jawa Timur, dan Lombok diguncang gempa tektonik.

Hasil analisis BMKG menunjukkan, gempa ini berkekuatan M 4,9 yang kemudian dimutakhirkan menjadi M 4,6.

Episenter terletak pada koordinat 8,98 LS dan 114,17 BT, atau tepatnya berlokasi di laut  pada jarak 84 km barat daya Jembrana, Bali, pada kedalaman 71 kilometer.

Baca juga: Viral Potensi Tsunami Selatan Jawa, Ahli Ingatkan Warga Lakukan 4 Hal Ini

Gempa Bali, Rabu (24/7/2019). Gempa Bali, Rabu (24/7/2019).

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempa berkedalaman menengah ini diakibatkan oleh aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempang Eurasia.

Deformasi slab Indo-Australia berada tepat pada zona transisi Magathrust-Benioff.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa ini dibangkitkan oleh deformasi kerak bumi dengan mekanisme pergerakan kombinasi naik-mendatar (oblique thrust fault).

Guncangan gempa ini dilaporkan dirasakan di daerah Kuta (Bali) dalam skala intensitas IV MMI, Denpasar, Banyuwangi, dan Jember III MMI, Gianyar, Tabanan, dan Lombok Utara II MMI.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini tidak berpotensi tsunami," ungkap Daryono, kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG kepada Kompas.com.

"Beberapa warga di Kuta dan Badung, Bali dan selatan Banyuwangi sempat berlarian keluar rumah akibat terkejut dan panik dengan guncangan gempa yang terjadi dengan tiba-tiba," imbuh dia.

Baca juga: Potensi Tsunami Selatan Jawa, Bagaimana Kisah Nyi Roro Kidul Beri Petunjuk Kebenarannya?

Hasil monitor BMKG hingga pukul 9.30 WIB belum terjadi aktivitas gempa susulan, masyarakat dihimbau agar tetap tenang.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X