Gempa Hari Ini: M 3,4 Guncang Halmahera Selatan

Kompas.com - 23/07/2019, 20:33 WIB
Ilustrasi gempa.Shutterstock Ilustrasi gempa.

KOMPAS.com - Gempa bumi berkekuatan M 3,4 mengguncang wilayah Labuha, Halmahera Selatan hari ini, Selasa (23/04/2019). Lindu tersebut terjadi sekitar pukul 09.42 WIB.

Guncangan dirasakan warga Labuha dalam skala intensitas II-III MMI. Pada skala tersebut, getaran hanya dirasakan beberapa orang dan seperti ada truk lewat.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat pusat gempa berada di darat. Tepatnya 69 km arah utara Obi, Halmahera Selatan pada kedalaman 17 km.

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 5,4 Guncang Seram Bagian Timur

Sebelumnya, sempat beredar isu akan terjadi gempa bumi berkekuatan besar di Halmahera Selatan pada 20 atau 21 Juli 2019.

Berdasarkan penelusuran Kompas.com, Jumat (19/07/2019), kabar ini terbukti hoaks. BMKG yang dihubungi menegaskan bahwa hingga kini belum ada alat yang bisa mendeteksi gempa bumi secara pasti.

Labih lanjut, Kepala Bagian Humas BMKG Akhmad Taufan Maulana menjelaskan, potensi dan prediksi adalah dua hal berbeda.

Akhmad menekankan, gempa bumi tidak dapat diprediksi secara pasti baik waktu da lokasinya.

Meski begitu, dia mengingatkan bahwa Indonesia memang berada di wilayah dengan potensi gempa.

"Potensi pasti ada karena hampir semua wilayah Indonesia rawan terhadap potensi gempa bumi," ungkap Akhmad.

"Kapan terjadinya, tidak ada yang tahu. (Tidak ada) yang mampu memprediksi kapan waktu terjadinya, (isu) iti bisa dipastikan hoaks," tegasnya.

Kerawanan Indonesia terhadap gempa bumi juga diutarakan oleh Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X