50 Tahun Pendaratan di Bulan, 4 Inovasi yang Lahir Berkat Apollo 11

Kompas.com - 23/07/2019, 20:07 WIB
Misi Apollo 11 Misi Apollo 11

Oleh Daniel Brown

PROGRAM Apollo NASA (National Aeronautics and Space Administration) Amerika Serikat adalah salah satu pencapaian teknologi paling tinggi pada abad ke-20.

Di luar perlombaan dan eksplorasi ruang angkasa, program Apollo ini berkontribusi pada beberapa penemuan dan inovasi yang dampaknya kita rasakan pada kehidupan kita saat ini. Namun pada saat yang sama, ada beberapa mitos soal teknologi apa saja yang dihasilkan program ini.

Mitos favorit saya adalah bahwa Teflon dikembangkan oleh NASA. Tampaknya masuk akal, karena Teflon merupakan bahan yang sangat tahan panas–sesuatu yang dibutuhkan misi luar angkasa.

Namun, Teflon ditemukan secara tidak sengaja pada 1938 oleh Roy Plunkett di laboratorium perusahaan DuPont ketika dia meneliti mesin pendingin baru.

Kesalahpahaman lainnya adalah Velcro yang sebenarnya telah ditemukan pada 1940-an di Swiss oleh George de Mestral. Sekali lagi, kegunaannya yang sangat besar dalam kehidupan sehari-hari di ruang angkasa memang tidak dapat disangkal. Bayangkan betapa sulitnya untuk mengamankan diri ke tempat tidur Anda ketika tidak ada gravitasi.

Karena sekarang sudah 50 tahun sejak pendaratan di Bulan Apollo 11, ini saat yang tepat untuk menyoroti mana yang sebenarnya merupakan hasil dari perlombaan luar angkasa ini dan mana yang bukan.

Berikut adalah daftar beberapa temuan–meski ada banyak temuan lainnya juga tak dibahas. Beberapa di antaranya tidak secara langsung dibuat oleh NASA, tapi mungkin tidak akan pernah muncul jika bukan karena bantuan dan dukungan luar biasa dari badan antariksa itu.

1. Penjernih air

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X