Bromo Erupsi, Masyarakat Diimbau Tak Beraktivitas dalam Radius 1 Km

Kompas.com - 20/07/2019, 10:46 WIB
Gunung Bromo dari Penanjakan Kompas.com/Nur Rohmi AidaGunung Bromo dari Penanjakan

KOMPAS.com — Gunung Bromo kembali erupsi pada Jumat (19/7/2019) malam. Menurut data yang dihimpun KESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Bromo seperti disampaikan Humas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Sarif Hidayat, tingkat aktivitas Gunung Bromo berada di Level II atau Waspada.

Untuk itu, baik masyarakat, wisatawan, pendaki, maupun pengunjung Gunung Bromo diimbau untuk tidak beraktivitas dalam radius 1 kilometer dari kawah aktif.

Meski demikian, hingga pagi ini masih terdapat pengunjung beraktivitas di sekitar gunung.

"Situasi pagi ini, pengunjung masih ada atau antusias," ujar Sarif kepada Kompas.com, Sabtu (20/7/2019).

Baca juga: Gunung Bromo Erupsi, PVMBG Tingkatkan Status Jadi Waspada

Hingga saat ini tercatat ada 5 letusan dengan amplitudo 30-37 milimeter dengan durasi 56-1.372 detik.

Sementara itu, visual gunung terlihat jelas dengan kabut 0-II hingga kabut 0-II. Berdasarkan pengamatan, asap kawah bertekanan lemah terlihat berwarna putih dengan intensitas tipis hingga sedang.

Asap tersebut tercatat berada di ketinggian 30 meter di atas puncak kawah.

Lebih lanjut, Sarif menyampaikan, cuaca di sekitar gunung cerah, berawan, mendung, dan angin hujan. Angin bertiup lemah hingga sedang ke arah selatan, barat daya, barat, dan barat laut. Sementara suhu udara berada di kisaran 5-20 derajat celcius.

Diberitakan Kompas.com, Sabtu (19/7/2019), masyarakat sempat panik ketika Bromo erupsi semalam. Namun, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur mengatakan saat ini situasi telah kembali kondusif pascaerupsi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X