Gempa Hari Ini: M 3,5 Kembali Guncang Maluku Utara

Kompas.com - 17/07/2019, 21:33 WIB
Ilustrasi gempa bodnarchukIlustrasi gempa

KOMPAS.com - Gempa bumi berkekuatan M 3,5 kembali mengguncang wilayah Maluku Utara. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat waktu terjadinya lindu tersebut sekitar pukul 17.19 WIB.

Getaran dirasakan oleh warga Labuha, Maluku Utara dalam skala intensitas I-II MMI. Dengan kata lain, getaran tak terlalu kuat.

Pusat gempa berada di darat, 24 km Tenggara Labuha. Kedalaman gempa tercatat 10 km.

Ini merupakan lindu yang terus terjadi di wilayah Maluku Utara setelah sebelumnya terjadi gempa M 7,2 di Labuha, Halmahera Selatan.

Baca juga: Bali Diguncang M 5,8 Selasa Pagi, Ini Riwayat Gempa di Pulau Dewata

Ahli tsunami dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Widjo Kongko, mengungkapkan bahwa gempa itu menghasilkan energi yang besar.

"Energi setara dengan 50 kali bom Hiroshima," katanya kepada Kompas.com, Minggu (14/07/2019).

Widjo menambahkan, runtuhan akibat gempa dengan aktivitas sesar mendatar sebesar 70 x 18 kilometer dengan slip 2,8 meter. Selain energi yang besar ini, dia juga menjelaskan lindu pada Minggu malam itu memicu tsunami kecil.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X