Kompas.com - 16/07/2019, 20:06 WIB
Apollo 11 meluncur di belakang kibaran bendera AS Apollo 11 meluncur di belakang kibaran bendera AS

KOMPAS.com - 50 tahun lalu, manusia pertama dari Bumi menginjakkan kakinya di Bulan. Misi tersebut dinamai Apollo 11 yang meluncur dari Kenedy Space center pada 16 Juli 1969.

Meski sudah berselang 50 tahun, kini kita masih bisa merasakan sensasi menyaksikan peluncuran misi bersejarah tersebut.

Beberapa pihak swasta menghidupkan kembali misi yang dibuat oleh Badan Antariksa AS (NASA) itu melalui dua streaming langsung.

Simulasi pertama dapat kita saksikan melalui laman ApolloinRealTime.org buatan Ben Feist. Mereka menciptakan pengalaman mendalam dengan menyatukan sejumlah besar audio, gambar, video, dan transkrip dari misi Apollo 11.

Baca juga: Alasan Astronot Ketiga Apollo 11 yang Tidak Ikut Turun ke Bulan

Mereka mencoba menyuguhkan detail bagaimana misi tersebut mengantarkan Neil Armstrong, Buzz Aldrin, dan Michael Collins ke Bulan. Saksikan melalui laman tersebut: https://apolloinrealtime.org/11/

Situs lain yang juga memberikan sensasi peluncuran Apollo 11 dibuat oleh Simulation Curriculum. Mereka menghidupkan kembali misi tersebut melalui rendering digital yang terperinci.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Widget buatan Simulation Curriculum itu memungkinkan pemirsa melacak misi Apollo 11 sekaligus lokasi planet dan bintang bersejarah.

Aplikasi yang digunakan oleh Simulation Curriculum adalah perangkat lunak Starry Night dan SkySafari 6.

"Generasi saat ini mengingat 'satu langkah kecil Neil Armstrong' dengan data misi Apollo di Starry Night dan SkySafari," ungkap Seth Meyers dari Simulation Curriculum dikutip dari Space.com, Selasa (16/07/2019).

"Jutaan penggemar ruang angkasa akan dapat merasakan sensasi misi luar angkasa uang penting ini dengan simulasi yang tepat," sambungnya.

Saksikan re-live Apollo 11 melalui laman: https://www.simulationcurriculum.com/

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber SPACE.COM
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.