Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Melulu Serius dan Berat, Judul Penelitian Bisa Lucu dan Seru

Kompas.com - 11/07/2019, 19:34 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Ketika membicarakan jurnal ilmiah, baik bertaraf nasional maupun internasional, kita akan berpikir mengenai penelitian yang serius. Tak jarang, hal ini membuat kita berpikir bahwa judul yang digunakan dalam makalah pun akan serius dan lengkap dengan bahasa yang berat.

Namun, siapa sangka menulis judul penelitian tak selalu dilakukan para ilmuwan dengan bahasa yang berat. Bahkan, beberapa penelitian membuktikan bahwa judul makalah ilmiah juga bisa seru.

Melansir dari Science Alert, Kamis (11/07/2019), inilah yang ditemukan oleh peneliti kebidanan dan mikrobiologi University of Western Australia, Lisa Stinson.

Ketika mencari sejumlah makalah ilmiah untuk studinya, dia menemukan judul yang langka sekaligus menggelitik. Segera Stinson mengunggah temuannya itu melalui akun twitternya @lisafstinson.

Baca juga: Pakai Nama Kim Kardashian, Ilmuwan Kerjai Jurnal Ilmiah Bodong

"Aku baru saja menemukan judul makalah ilmiah terbaik di dunia," kicaunya.

Dalam kicauannya, Stinson juga melampirkan tangkapan layar yang menunjukkan judul artikel yang diartikan ke dalam bahasa Indonesia, "Ragi yang fantastis dan di mana menemukannya: keanekaragaman tersembunyi dari patogen jamur dimorfik."

Melihat unggahan Stinson, warganet dengan cepat meresponsnya. Ketika tweet itu menyebar, para peneliti dan akademisi mulai menambahkan makalah favorit mereka sendiri.

Hasilnya, sebuah daftar panjang judul-judul makalah ilmiah yang seru dan kadang-kadang lucu yang melewati proses penerbitan akademis yang berat dan berakhir di jurnal-jurnal bereputasi.

Kita perlu berterima kasih pada referensi budaya populer yang di luar kendali, dengan banyak judul dengan "tikungan" cerdas pada film, musik dan buku.

Makalah lain bahkan mengandalkan permainan kata yang cerdas.

Sementara beberapa judul lain sangat lucu, bahkan bisa dibilang hampir tidak masuk akal.

Utas di twitter ini juga membuktikan bahwa Anda tidak perlu menambahkan "Harry Potter dan" ke awal setiap judul akademik untuk membuatnya sedikit lebih menarik.

Dengan sedikit imajinasi, judul makalah ilmiah pun bisa menjadi sesuatu yang sangat menyenangkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com