Gempa M 6,4 di California Dipicu Sesar Aktif, Begini Analisis BMKG

Kompas.com - 05/07/2019, 23:29 WIB
Ahli seismologi Lucy Jones menjelaskan mengenai gempa berkekuatan 6,4 yang mengguncang California, Amerika Serikat pada Kamis (4/7/2019) pagi waktu setempat.AFP PHOTO/ROBYN BECK Ahli seismologi Lucy Jones menjelaskan mengenai gempa berkekuatan 6,4 yang mengguncang California, Amerika Serikat pada Kamis (4/7/2019) pagi waktu setempat.

KOMPAS.com - Jumat dini hari (5/7/2019) sekitar pukul 00.33.49 WIB, gempa berkekuatan M 6,4 mengguncang wilayah California Selatan, Amerika Serikat.

Hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) menunjukkan, episenter terletak pada koordinat 35,48 LU dan 117,45 BB tepatnya di darat pada jarak sekitar 199 kilometer arah timurlaut Kota Los Angeles pada kedalaman 10 km.

"Karena episenter ini terletak di Lembah Searles maka gempa ini populer disebut sebagai Searles Valley Earthquake," terang Daryono, Kepala Bidang Informasi Gempabumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan gempa ini dipicu adanya pensesaran ata patahan batuan kerak dangkal dalam arah mendatar mengiri (left lateral strike-slip).

Meski sumber gempa ini relatif dekat dengan Sesar San Andreas, tapi gempa tidak dipicu oleh aktivitas sesar besar ini.

Baca juga: Gempa Berkekuatan 6,4 Guncang California, Terbesar dalam Dua Dekade

Jika memperhatikan lokasi episenter, kedalaman hiposenter, dan mekanisme sumbernya tampak bahwa gempa ini merupakan gempa kerak dangkal (shallow crustal earthquake) akibat aktivitas sesar aktif. Dugaan kuat bahwa gempa terjadi karena dipicu oleh aktivitas Sesar Little Lake (Little Lake fault).

Episenter gempa ini memang terletak pada kawasan seismik aktif dan kompleks karena memang banyak sebaran sesar aktif di daerah ini. Peta seismisitas juga menunjukkan bahwa di zona ini memang memiliki tingkat aktivitas kegempaan yang cukup tinggi, meski magnitudonya kecil.

Guncangan gempa dangkal ini dilaporkan sangat kuat. Shakemap menggambarkan bahwa gempa ini mencapai intensitas maksimum VIII MMI.

"Kota terdekat episenter yang ada penduduknya adalah Kota Ridgecrest yang terletak di barat daya pusat gempa. Menurut laporan, gempa ini menimbulkan kerusakan signifikan di kota," terang Daryono.

Orang-orang dari Gurun Mojave hingga pesisir pantai Pasifik juga melaporkan merasakan gempa tersebut. Patut disyukuri bahwa gempa ini terjadi di daerah yang relatif tidak berpenghuni jauh dari pusat populasi besar di kota-kota California.

Sejauh ini dampak Gempa Searles yang dilaporkan baru menimbulkan kerusakan dan belum ada laporan korban meninggal.

Hasil monitoring gempa hingga pukul 22.00 WIB malam menunjukkan, ada lebih dari 1.000 gempa susulan (aftershocks) telah terjadi menyusul terjadinya gempa kuat hari ini.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X