Apakah Semua Jenis Hepatitis Bisa Menular Melalui Hubungan Seks?

Kompas.com - 03/07/2019, 22:04 WIB
Hepatitis A SHUTTERSTOCKHepatitis A

KOMPAS.com - Kasus hepatitis A di Pacitan, Jawa Timur telah ditetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB). Hepatitis sendiri adalah penyakit peradangan hati akibat infeksi virus.

Secara umum, kondisi hepatitis dapat sembuh sendiri. Tapi, dalam keadaan paling buruk, hepatitis justru dapat berkembang menjadi fibrosis (jaringan parut), sirosis, atau kanker hati.

Para ilmuwan mengindetifikasi setidaknya lima jenis virus hepatitis yang menyebabkan masalah hati. Kelima virus itu dikenal sebagai hepatitis A, hepatitis B, hepatitis C, hepatitis D, dan hepatitis E.

Seperti yang diketahui, virus hepatitis dapat menyebar melalui makanan yang terkontaminasi atau jarum suntik. Tapi, selain itu, virus hepatitis juga bisa menyebar melalui hubungan seksual.

Baca juga: Bersifat Akut, Pasien Hepatitis A Memerlukan Penanganan Ini

Namun, apakah semua virus hepatitis bisa menyebar melalui hubungan seksual?

Hepatitis A

Virus hepatitis A (HAV) umumnya menyebar melalui konsumsi air atau makanan yang terkontaminasi. Meski begitu, aktivitas seksual juga dapat menularkan virus HAV.

Sebagian orang di dunia terinfeksi virus ini karena sanitasi yang buruk. Namun, saat ini telah tersedia vaksin untuk mencegah penularan HAV.

Hepatitis B

Virus hepatitis B (HBV) memang dikenal dengan penularannya melalui cairan tubuh seperti darah, air mani, liur, dan lain sebagainya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X