Bisakah Seseorang Tertular Hepatitis Lewat Ciuman?

Kompas.com - 03/07/2019, 21:48 WIB
Hepatitis A SHUTTERSTOCKHepatitis A

KOMPAS.com - Hepatitis A yang kini tengah mewabah di Pacitan, Jawa Timur, begitu mengkhawatirkan karena menular dengan cepat. Bagi pasangan, mungkinkah tertular hepatitis lewat ciuman?

Dilansir dari Verywell Health, tidak memungkinkan tertular virus hepatitis lewat ciuman. Hepatitis B, C, dan D, hanya bisa ditularkan lewat darah dan cairan tubuh seperti sperma serta cairan vagina.

Begitu pula hepatitis A dan E yang ditularkan lewat fecal-oral. Virus hepatitis A dan E bisa tersebar karena kotoran yang terinfeksi virus tertelan. Persebarannya didorong dengan tidak dijaganya standar kebersihan dan kesehatan seperti yang saat ini sedang terjadi di Pacitan.

Meski secara teoritis ciuman tak bisa menularkan hepatitis, secara praktiknya ciuman bisa membuat orang tertular. Ini terjadi jika ada darah atau luka ketika ciuman.

Baca juga: Bersifat Akut, Pasien Hepatitis A Memerlukan Penanganan Ini

Berikut perbedaan penularan hepatitis:

- Hepatitis A: Ditularkan melalui air dan makanan yang terkontaminasi kotoran mengandung virus hepatitis.

- Hepatitis B: Ditularkan lewat darah, jarum suntik dan seks. Hepatitis B juga bisa diturunkan oleh ibu ke bayinya saat melahirkan.

- Hepatitis C: Ditularkan melalui jarum suntik dan darah

- Hepatitis D: Hanya bisa ditularkan ke orang yang sudah mengidap hepatitis B. Hepatitis jenis ini ditularkan lewat darah, jarum suntik dan seks. Bisa juga ditularkan ibu ke bayinya saat melahirkan.

- Helatitis E: Sama seperti hepatitis A, ditularkan lewat air yang terkontaminasi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X