Pentingnya PHBS dan Vaksinasi untuk Cegah Penularan Hepatitis A

Kompas.com - 03/07/2019, 15:13 WIB
Hepatitis A SHUTTERSTOCKHepatitis A


KOMPAS.com - Penyakit hepatitis A menyerang 957 orang di kabupaten Pacitan. Menurut Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, penyebab penularan penyakit hepatitis A akibat kurangnya perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Terkait kasus penularan penyakit hepatitis A yang masuk dalam kategori kejadian luar biasa (KLB), dianjurkan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun, membuang tinja di jamban yang bersih, dan pastikan menggunakan air bersih yang tidak terkontaminasi.

Selain menerapkan pola hidup bersih dan sehat di atas, vaksin juga diperlukan untuk mencegah penularan hepatitis A.

Melansir WebMD, hepatitis A merupakan satu dari lima jenis hepatitis (hepatitis A, B, C, D, dan E). Semua penyakit ini ditularkan dari infeksi virus berbeda. Meski penularan virus berbeda, penyakit yang disebabkan mirip.

Baca juga: Waspadai Penyebab Penularan Virus Hepatitis A

Hepatitis bisa menyebabkan peradangan hati, dan jika tidak ditangani serius bisa mengancam jiwa.

Untuk pencegahan hepatitis A, dunia medis menyarankan untuk menerapkan PHBS dan menjalani vaksinasi yang terbukti aman dan efektif.

Vaksin hepatitis A

Hepatitis A disebabkan oleh virus hepatitis A (HAV) yang disebarkan melalui kontak dengan tinja dari orang terinfeksi. Kebiasaan mencuci tangan tidak bersih akan lebih mudah menularkan virus tersebut.

Hepatitis A juga bisa ditularkan lewat makanan, air, atau benda yang terkontaminasi HAV.

Seseorang yang terinfeksi hepatitis A akan merasakan demam, mudah lelah, kehilangan napsu makan, mual, muntah, nyeri sendi, sakit perut dan diare, atau penyakit kuning.

"Anak-anak sering tidak memiliki gejala, ini biasanya dirasakan orang dewasa," tulis situs resmi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, cdc.gov.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X