Dipenuhi Gedung Bertingkat, Bagaimana Tawon Mematikan Vespa Affinis Hidup di Jakarta?

Kompas.com - 03/07/2019, 08:02 WIB
Tawon Vespa Affinis atau Hornet. Tawon Vespa Affinis atau Hornet.

KOMPAS.com - Tawon Vespa affinis yang mematikan kembali ditemukan di Jakarta. Menurut Peneliti Biologi LIPI Rosichon Ubaidillah, tawon ini memang hidup di kawasan subtropis Asia

"Mulai dari Hong-Kong, Taiwan, Sri Lanka, Taiwan, Burma, Thailand, Laos, Vietnam, Malaysia, Sumatra hingga Filipina (Palawan). Hampir subtropis Asia bisa ditemukan, termasuk Jawa. Sangat mungkin ada di Jakarta," kata Rosichon ketika dihubungi, Selasa (2/7/2019).

Di Jakarta, bukan berarti V. affinis hidup di antara gedung-gedung pencakar langit. Mereka tetap mencari tempat yang rimbun. Mereka predator pemangsa serangga lain.

"Serangga ini sebagai pemangsa serangga lain, sering mengujungi bunga-bunga tanaman termasuk bunga tanaman pisang," ujar Rochison.

Faktanya, di Jakarta masih banyak semak dan taman kota yang bisa menopang kehidupan V. affinis. Tawon ini lazim ada di tengah-tengah permukiman.

Tawon ini tak akan menyengat jika tak diganggu. Namun jika diusik, tawon akan menyerang dengan mengajak seluruh koloninya. Sengatan yang berlebihan bisa berujung pada kematian.

"Dari sengatan pertama, individu tawon akan mengeluarkan veromon berbahaya yang mengundang individu tawon dalam koloni yang sama," kata dia.

Diberitakan sebelumnya, Petugas Suku Dinas (Sudin) Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Jakarta Timur mengevakuasi sarang tawon berjenis vespa affinis di sebuah pohon, Jalan Cilingup Indah, Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin (1/7/2019).

Sebelum mengancam Jakarta, sengatan tawon jenis tersebut telah menewaskan tujuh orang di Klaten, Jawa Tengah dalam waktu dua tahun terakhir.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X