Kompas.com - 01/07/2019, 19:09 WIB
ilustrasi ilustrasi

KOMPAS.com - Penderita diabetes diwajibkan mengonsumsi obat agar tak memperparah sakitnya. Sayangnya, banyak yang enggan mengobati diabetes dengan obat karena khawatir akan berujung pada kerusakan ginjal. Benarkah kekhawatiran tersebut?

"Tidak ada yang merusak ginjal," kata Ketua Umum Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (PERKENI) Prof. Dr. dr. Ketut Suastika, Sp.PD- KEMD ditemui di Perpustakaan Nasional RI, Senin (1/7/2019).

Yang ada adalah obat yang, berdasarkan metabolismenya, dikeluarkan di ginjal. Jenis obat ini memang harus diwaspadai oleh orang yang sudah memiliki kelainan ginjal. Kepada mereka, biasanya dosis obat dikurangi.

"Tapi obatnya sendiri tidak akan merusak ginjal," tegas Suastika.

Suastika mengakui obat diabetes memang punya efek samping. Obat diabetes umumnya terbagi dua, yakni golongan Metformin dan golongan Sulfonilurea.

Metformin mengurangi produksi glukosa pada hati. Dosisnya tergantung keparahan diabetes.

"Efek samping tidak banyak tapi pada orang tertentu menyabkan gejala lambung seperri kembung, mual tapi ini pengalaman kami tidak terlalu banyak," ujar Suastika.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Penyebab Berat Badan Naik Pada Penderita Diabetes

Kedua, obat Sulfonilurea. Fungsinya meningkatkan produksi insulin di pankreas. Di Indonesia, bentuknya ada di glibenclamide, gliclazide, dan glimepiride. Obat ini bisa memberi efek samping yang buruk jika tak dikonsumsi dengan ketat.

"Yang harus ditakuti obat ini efek sampingnya terlalu kuat sehingga kalau gula darah tidak tinggi dia bisa drop gula darahnya atau hipoglikemia," kata Suastika.

Efek samping bisa dicegah dengan mengonsumsi obat secara berjangka. Dimulai dari dosis kecil, dan ditingkatkan terus hingga batas maksimal.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.