Studi Sebut Duduk Buruk bagi Kesehatan, Apa Maksudnya?

Kompas.com - 29/06/2019, 20:38 WIB
Ilustrasi menonton TV Ilustrasi menonton TV

KOMPAS.com - Berbagai penelitian terbaru kembali menegaskan bahwa gaya hidup tidak aktif memiliki risiko kesehatan yang besar, bahkan kematian dini. Ini membuat para pekerja kantoran, yang seharian menghabiskan waktunya untuk bekerja dengan duduk menghadap laptop ketakutan.

Pasalnya, tuntutan pekerjaan mengharuskan mereka duduk diam berjam-jam. Dengan kata lain, mereka cenderung kurang aktif bergerak.

Namun, sebuah penelitian baru yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association membawa pendapat lain. Para peneliti menyebut, duduk di tempat kerja mungkin tidak buruk bagi kesehatan jantung dan umur panjang Anda.

Menurut para peneliti, duduk bekerja memiliki efek yang berbeda dengan duduk menonton televisi seharian.

Baca juga: Siap Mudik dengan Mobil, Kenali Dulu Lokasi Duduk Paling Berbahaya

"Ada banyak pembicaraan tentang bagaimana duduk memiliki risiko serupa dengan kebiasaan merokok," ungkap Jeanette Garcia, penulis pertama penelitian ini dikutip dari Time, Rabu (26/06/2019).

"Tapi apakah semua jenis duduk memiliki efek yang sama? Hasil dari penelitian kami menunjukkan efek yang terjadi berbeda," imbuhnya.

Garcia menambahkan, duduk saat waktu luang lebih berisiko dibanding duduk di tempat kerja.

Hasil tersebut didapatkan setelah Garcia dan koleganya mengamati hampir 3.600 orang dewasa ras Afrika-Amerika. Para peserta diminta melaporkan jumlah waktu yang mereka habidkan untuk duduk di tempat kerja, menonton televisi, dan berolahraga selama setahun.

Peserta juga diminta memberikan informasi gaya hidup dan riwayat kesehatan mereka. Selanjutnya, seluruh peserta dipantau selama 8 tahun.

Dalam kurun waktu penelitian itu, 129 peserta mengalami gangguan kardiovaskular dan 205 meninggal dunia.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Time
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X