Kenapa Beberapa Orang Lebih Rentan Digigit Nyamuk?

Kompas.com - 24/06/2019, 16:32 WIB
Ilustrasi nyamukTacioPhilip Ilustrasi nyamuk


KOMPAS.com - Ada orang yang bisa duduk lama dan tidak digigit nyamuk, ada juga yang dengan mudah menjadi sasaran nyamuk. Namun, mengapa hal ini bisa terjadi?

Hal ini sebenarnya berhubungan dengan lanskap kimia tak kasatmata yang ada di udara dan mikrobakteri dalam kulit kita.

Nyamuk memanfaatkan lanskap kimia yang berisi jejak kimia halus dari tubuh manusia untuk mencari korban gigitan.

Secara khusus, nyamuk mengandalkan karbon dioksida untuk menemukan inangnya. Saat manusia menghembuskan napas, karbon dioksida tidak langsung menyatu dengan air, tapi mengambang di udara dan meninggalkan "jejak" untuk diikuti nyamuk.

Baca juga: Jamur Ini Hasilkan Racun Laba-laba untuk Bunuh Nyamuk Malaria

"Nyamuk dapat melacak targetnya dari jarak 50 meter berdasar karbon dioksida yang ditinggalkan," ujar Joop van Loon, ahli entomologi dari Universitas Wageningen di Belanda, dilansir Live Science, Sabtu (22/6/2019).

Ketika berada di jarak sekitar satu meter, nyamuk mulai mendeteksi target potensial. Di sini nyamuk memperhitungkan banyak faktor menentukan siapa yang digigit mulai dari suhu kulit dan keberadaan uap air.

Para ahli berpendapat, variabel terpenting dalam memilih target gigitan adalah senyawa kimia yang diproduksi koloni mikroba di dalam kulit.

" Bakteri mengubah sekresi kelenjar keringat menjadi senyawa volatil yang dibawa melalui udara ke sistem penciuman di kepala nyamuk," imbuh Van Loon.

Rangkaian senyawa kimia ini memang rumit, termasuk adanya lebih dari 300 senyawa kimia yang berbeda. Variasi ini dipengaruhi oleh faktor genetik dan lingkungan.

Dalam studi yang terbit di jurnal PLOS ONE pada 2011, ahli menemukan bahwa pria yang memiliki banyak keragaman mikroba kulit cenderung lebih sedikit digigit nyamuk dibanding pria dengan mikroba kulit kurang beragam.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X