Kompas.com - 23/06/2019, 13:31 WIB
Ilustrasi memasak chabybuckoIlustrasi memasak

KOMPAS.com - Penyebab berat badan naik bukan cuma dari jenis makanan yang Anda makan. Mungkin saja sebenarnya makanan tersebut menyehatkan.

Namun karena cara memasaknya salah, berat badan Anda yang malah jadi “korban”. Yuk, hindari berbagai cara memasak yang salah di bawah ini kalau ingin berat badan tetap ideal!

Cara memasak yang salah

1. Terlalu banyak pakai minyak

Dilansir dari Everyday Health, menggunakan minyak terlalu banyak adalah cara memasak yang salah tapi masih sangat sering dilakukan. Bahkan, banyak orang yang sebenarnya tidak sadar mereka kebanyakan pakai minyak saat memasak, meski tidak perlu-perlu amat.

Padahal satu sendok teh minyak kelapa sawit yang biasa dipakai menggoreng saja mengandung 120 kalori. Semakin banyak minyak yang digunakan, semakin banyak asupan kalori tambahan, dan akhirnya berat badan semakin naik.

Baca juga: Bukti Baru Usulkan bahwa Otak Manusia Berkembang karena Memasak

Cara memperbaikinya: Anda tetap boleh pakai minyak saat memasak. Namun, teteskan dahulu minyak ke atas sendok teh kemudian baru dituangkan ke wajan untuk menumis.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lebih baik lagi, gunakan sendok takar untuk memastikan Anda tidak menuangkannya berlebihan. Alternatifnya, pakai minyak yang lebih sehat daripada minyak sawit untuk memasak.

2. Mengikuti resep sama persis dengan yang ada di TV

Sebuah penelitian terbitan Appetite Journal menemukan bahwa wanita yang memasak sambil mengikuti resep yang dipertontonkan dalam acara masak-masak di TV dari awal sampai akhir mengalami peningkatan indeks massa tubuh (BMI) yang lebih tinggi daripada wanita yang memasak dengan membaca resep tulisan — misalnya dari majalah, buku resep, resep online, atau resep warisan ortu yang dicatat di kertas.

Cara memperbaikinya: Percayakan insting Anda dan jadilah sekreatif mungkin untuk memodifikasi cara memasak Anda dari acara TV tersebut. Misalnya, jika resep tersebut menggunakan pasta terigu biasa, Anda ganti dengan pasta gandum utuh.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.