Meningkatkan Dosis Obat Bikin Cepat Sembuh, Benarkah?

Kompas.com - 20/06/2019, 19:07 WIB
Ilustrasi obatSHUTTERSTOCK Ilustrasi obat

KOMPAS.com - Supaya cepat sembuh, Anda dianjurkan untuk minum obat. Nah, kadang ada orang yang beranggapan bahwa menambah dosis obat bisa bikin masalah kesehatan cepat hilang.

Namun, benarkah jika menggandakan dosis obat bikin cepat sembuh dari penyakit? Apa justru sebaliknya?

Menggandakan dosis obat tanpa sadar

Menggandakan dosis artinya meningkatkan penggunaan dosis obat. Hal ini biasanya dilakukan saat lupa atau tidak sengaja melewatkan satu dosis penggunaan obat dan waktu untuk mengonsumsi dosis obat berikutnya sudah dekat.

Banyak orang berasumsi bahwa dosis obat yang terlewat dapat digantikan dengan cara menggandakan dosis.

Baca juga: Atasi Penuaan, Ilmuwan Buat Obat Lawan Sel Zombie

Tidak hanya itu, dosis ganda juga bisa ditemukan saat Anda mengonsumsi dua obat dengan merk berbeda tapi kandungan yang sama dalam satu waktu, hal ini menandakan bahwa Anda mungkin tanpa sadar sedang menggandakan dosis pemakaian obat.

Namun, ada asumsi yang menyatakan bahwa penggunaan dosis ganda dapat mempercepat proses penyembuhan. Apa benar?

Menambahkan dosis bikin cepat sembuh, benarkah?

Tidak ada bukti atau pernyataan yang jelas menyatakan bahwa penggunaan dosis ganda pada obat dapat mempercepat proses penyembuhan seseorang dari penyakit.

Sayangnya, alih-alih mempercepat penyembuhan, dosis ganda justru dapat berakibat fatal pada kesehatan, khususnya jika pada kemasan obat ada larangan untuk menggandakan dosis.

Terlebih lagi, menurut sebuah penelitian, kebanyakan masyarakat yang memahami penggunaan obat-obatan yang dapat dibeli di apotek tanpa resep dokter. Masyarakat sering menganggap bahwa obat-obatan yang dibeli di apotek tidak memiliki efek samping atau risiko yang serius.

Hal ini memicu banyak orang untuk membeli obat dan mengonsumsinya tanpa benar-benar memperhatikan aturannya. Padahal, sebaik-baiknya penggunaan obat adalah dengan berkonsultasi kepada dokter atau apoteker terlebih dahulu jika ada kondisi yang memaksa Anda untuk mengonsumsi dosis ganda.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X