Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Hari Ini: Getarkan Lombok dan Konawe Utara

Kompas.com - 19/06/2019, 20:33 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Dua gempa bumi mengguncang Indonesia hari ini, Rabu (19/06/2019). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat bahwa kedua lindu tersebut terjadi di dua wilayah berbeda.

Lindu pertama terjadi di wilayah Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) sekitar pukul 00.14 WIB. Magnitudo gempa tercatat pada skala 4,6.

Guncangan dirasakan warga di Lombok Utara dalam skala intensitas III MMI. Sedangkan wilayah Lombok Tengah, Mataram, dan Karangasem merasakan getaran dalam skala intensitas II MMI.

Menurut analisis BMKG, pusat gempa berada di laut. Tepatnya, 21 km arah timur laut Lombok Utara pada kedalaman 15 km.

Baca juga: Gempa Hari Ini: Lindu Guncang NTB dan Maluku Barat Daya

Berselang cukup lama, pukul 10.12 WIB, gempa terjadi di Wanggudu, Kabupaten Konawe Utara. Kekuatan gempa ini tercatat pada magnitudo 4,1.

Warga Wanggudu merasakan getaran dalam skala intensitas II-III MMI. Dengan kata lain, guncangan hanay dirasakan oleh sebagian orang saja dan terasa seperti ada truk lewat.

Episenter gempa berada di darat, sekitar 50 km barat laut Wanggudu. Sedangkan hidposenternya berada pada kedalaman 10 km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com