Ahli Sebut Moyang Burung Bisa Langsung Terbang Setelah Menetas

Kompas.com - 17/06/2019, 18:02 WIB
telur pterosaurus berembrio 3-D telur pterosaurus berembrio 3-D

KOMPAS.com - Kita mengenal burung sebagai makhluk hidup yang bisa terbang dengan kemampuannya sendiri. Namun, untuk bisa terbang, burung perlu "berlatih" terlebih dahulu.

Ini artinya, burung tidak bisa segera terbang setelah menetas. Teori yang sama diberikan pada moyang burung, pterodactyl.

Pada 2004, para peneliti menemukan embrio pterodactyl yang ditemukan di China. Para peneliti kemudian berkesimpulan bahwa makhluk yang belum lahir itu memiliki perkembangan sayap yang buruk.

Ini berarti bahwa makhluk purba tersebut memerlukan perawatan orang tuanya sebelum bisa benar-benar terbang.

Baca juga: Pecahkan Rekor, Ratusan Telur Pterosaurus Langka Ditemukan di China

Namun, sebuah penelitian terbaru menyangkal hasil tersebut. Penelitian yang dilakukan oleh ahli pelobiologi Davin Unwin dan ahli zoologi Charles Deeming menyebut bahwa pterodactyl bisa segera terbang setelah menetas dari telur.

"Kami berpendapat bahwa pterosaurus mampu terbang segera setelah menetas dan mungkin tidak memerlukan perawatan orang tua, menyiratkan mode sejarah hidup yang sangat berbeda untuk pterosaurus, dibandingkan dengan pterosaurus yang masih ada," tulis keduanya dalam laporan penelitian mereka dikutip dari Science Alert, Minggu (16/06/2019).

Kesimpulan tersebut didapatkan Unwin dan Deeming menggunakan banyak bukti dari telur dan embrio pterodactyl yang dipindahkan ke tahap sebelumnya.

Mereka mengamati panjang tungkai, ukuran telur, dan bentuk telur. Selanjutnya, Unwin dan Deeming membandingkan pertumbuhan makhluk purba itu dengan burung dan buaya modern.

Para peneliti menemukan bahwa ada satu tulang yang menonjol pada embrio yang hampir menetas, yaitu manus digit IV. Pada burung, tulang ini dikenal sebagai "jari sayap".

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X