Mengapa Para Ilmuwan Mengubah Definisi Kilogram, Meter dan Detik?

Kompas.com - 14/06/2019, 20:08 WIB
Ilustrasi kilogram. Ilustrasi kilogram.

Oleh David Brynn Hibbert


KITA selalu mengukur berbagai hal, entah itu waktu, berat, suhu, dan sebagainya, untuk menjalankan aktivitas seperti perdagangan, kesehatan, dan pengetahuan.

Tetapi, memastikan pengukuran kita akurat merupakan tantangan tersendiri: misalnya bagaimana memastikan satuan kilogram atau meter yang saya pakai sama dengan yang dipakai oleh orang lain.

Beberapa upaya telah dilakukan untuk menentukan satuan pengukuran beberapa tahun terakhir. Tetapi bertepatan dengan Hari Metrologi Sedunia yang jatuh pada 20 Mei lalu, para peneliti telah berhasil menemukan standar lengkap pengukuran yang merevisi satuan ukuran sebelumnya.

Kita tidak akan menyadari perubahan apa pun karena memang transisinya dibuat sangat mulus.

Hanya definisi dari tujuh unit dasar SI (Sistem Satuan Internasional) yang terdiri dari kilogram (kg), meter (m), detik (s), ampere (A, ukuran arus listrik), kelvin (K, suhu), mol (mol, jumlah zat), dan kandela (cd, intensitas cahaya), yang benar-benar berbeda dari kemarin.

 

Definisi baru SI untuk kilogram (kg), meter (m), detik (s), ampere (A), kelvin (K), mol (mol), dan kandela (cd). BIPM, CC BY-ND

Cara mengukur pada masa lampau

Manusia memiliki kemampuan berhitung sejak dulu, tapi seiring berjalannya waktu, kita kemudian mulai menghitung panjang, berat, dan waktu.

Firaun Mesir menggunakan ukuran panjang yang diukur dari panjang lengan dari ujung jari tengah ke ujung siku orang kerajaan untuk membangun piramid. Satuan ini dikenal dengan sebutan Royal Cubit. Satuan ini digunakan secara resmi di Mesir dan disebarluaskan oleh pemuka agama.

 

Aksi Metrologi - menimbang jiwa-jiwa orang mati dan Royal Cubit Mesir. Brynn Hibbert

Tapi Royal Cubit Mesir bukan satuan ukur yang baku dari waktu ke waktu–panjangnya sekitar setengah meter, plus atau minus beberapa puluh milimeter ketika dibandingan dengan satuan ukuran saat ini.

Saran pertama untuk adanya ukuran satuan yang baku datang dari John Wilkins pada 1668, saat itu ia adalah Sekretaris Royal Society di London, Inggris.

Halaman:



Close Ads X