Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Video Obrolan Ayah dan Anak Balita, Apa yang Bisa Kita Pelajari?

Kompas.com - 13/06/2019, 18:02 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

Sumber Quartz

KOMPAS.com - Sebuah video yang berisi percakapan antara ayah dan anak mendadak viral minggu lalu. Penyebabnya adalah usia sang anak yang masih sangat muda, yaitu 19 tahun.

Dalam usia tersebut, umumnya anak-anak baru mengenal beberapa kata saja. Tapi di video tersebut, dengan keterbatasan kata sang anak, ayahnya justru terlihat sangat asyik menanggapinya.

Ayah dalam video tersebut adalah seorang komedian AS bernama DJ Pryor yang berbicara dengan putranya, Kingston Pryor, tentang akhir acara TV Empire.

Meski Kingston tidak dapat merumuskan kalimat yang tepat, ini tampaknya tidak mengganggu DJ. Bahkan, dia dengan senang hati berbicara dengan putranya ketika dia mengoceh dan memberi isyarat dengan menunjuk TV.

Baca juga: Bukan Hanya Opini, Pengkritik Tata Bahasa Memang Berkepribadian Menyebalkan

Video ini telah ditonton lebih dari 55 juta kali dan dibagikan 1,5 juta kali di Facebook saja.

Video ini lebih dari sekadar seuatu yang viral dan enak dilihat saja. Ada beberapa pelajaran pola asuh penting yang tergambar dalam rekaman berdurasi 85 detik itu.

Rekaman ini menggambarkan salah satu konsep paling penting yang mendasari ilmu perkembangan anak usia dini, yaitu bahwa interaksi orang tua dengan bayi mereka sangat penting untuk perkembangan otak mereka. Terutama, pada usia sebelum ulang tahun kelima mereka.

Seperti yang kita ketahui, anak-anak kecil mempelajari dasar-dasar keterampilan penting yang akan mereka butuhkan di kemudian hari — termasuk bahasa — dengan mengumpulkan informasi dari dunia di sekitar mereka dalam apa yang dikenal sebagai “lingkaran umpan balik sosial”.

Salah satu contoh dari lingkaran ini dalam tindakan adalah "bertindak dan menanggapi".

Dalam jenis pertukaran ini, "seorang bayi atau anak 'bertindak' kepada orang dewasa, dalam bentuk tatapan, suara, atau pertanyaan, dan orang dewasa menanggapinya dengan tatapan penuh kasih dan memikat, berbicara, atau tanggapan peduli terhadap pertanyaan itu," tulis Jenny Anderson dalam artikelnya di Quartz yang membahas penelitian perkembangan bahasa bayi.

Merangkum dari Quartz, Selasa (11/06/2019), baik Anda mendiskusikan drama TV atau menyanyikan lagu pengantar tidur, bertindak dan memberi tanggapan adalah salah satu cara penting orang tua dapat berkontribusi pada pengembangan bahasa anak mereka.

Anda dapat berbicara dengan anak-anak dengan cara yang memungkinkan untuk jeda dalam percakapan, nada moderasi, dan interaksi bolak-balik — yang persis apa yang dilakukan DJ Pryor dalam videonya.

DJ mengajukan pertanyaan kepada putranya seperti, "Apakah Anda memahaminya?" atau "Mereka perlu mengerjakannya, kan?". Tak hanya mengajak anaknya bicara, DJ juga memberi Kingston waktu untuk merespons.

Baca juga: Belajar Bahasa dan Musik Bikin Otak Lebih Sehat, Ini Alasannya

Ini merupakan cara orangtua mempraktikkan percakapan secara efektif dan membantu mengembangkan keterampilan komunikasi anak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Quartz


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com