3 Penyakit yang Paling Sering Salah Dipahami Saat Lebaran

Kompas.com - 10/06/2019, 16:07 WIB
Ilustrasi hipertensi. thinkstockphotosIlustrasi hipertensi.

KOMPAS.com – Momen lebaran merupakan momen untuk berkumpul dan bersilaturahmi dengan sanak saudara.

Pada saat ini juga, rumah serasa jadi lokasi diskusi kesehatan dadakan dengan adanya anggota keluarga yang mengungkapkan keluhan kesehatannya dan yang lainnya menimpali seraya memberikan tips-tips yang pernah didengarnya atau dibacanya di internet.

Hal ini rupanya juga disadari oleh Dr.Ari Fahrial Syam, seorang akademisi dan praktisi klinis yang gemar menulis di blognya.

Dalam tulisan yang dibagikannya ke awak media, Dr Ari membahas tiga kondisi kesehatan yang paling hangat dibicarakan saat lebaran, yaitu hipertensi, kadar kolesterol tinggi dan asam urat tinggi.

Baca juga: Hari Hipertensi Sedunia, Begini Kiat Simpel Cegah Tekanan Darah Naik

1. Hipertensi

Sekitar 25-30 persen orang dewasa Indonesia menderita hipertensi. Oleh karena itu, Ari menilai wajar bila banyak orang yang mengkhawatirkan tekanan darahnya yang tinggi.
Salah satu pertanyaan terkait kondisi ini yang paling sering terlontar adalah efek obat hipertensi, apakah bila dikonsumsi terus-menerus bisa merusak ginjal?

“Jawaban saya sebaliknya. Obat darah tinggi harus dikonsumsi jangka panjang agar ginjal kita tidak rusak,” tulis Ari.

Pasalnya, obat hipertensi yang tidak diminum secara teratur akan membuat tekanan darah menjadi tidak terkontrol. Kondisi ini, ujar Ari, dapat menyebabkan komplikasi kerusakan ginjal dan pembengkakan jantung yang berujung pada gagal jantung (dekompensasi kordis).

Selain soal obatnya, makanan yang harus dihindari penderita hipertensi juga sering jadi pertanyaan. Ari menyarankan untuk menghindari makan yang asin atau mengandung sodium tinggi.

“Termasuk juga makanan gurih yang banyak mengandung monosodium glutamat karena jelas mengandung natrium, sehingga harus dibatasi asupannya ketika tekanan darah kita sedang tinggi,” imbuhnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X